Polres Lambar Gelar Apel Keanggotaan Operasi Krakatau 2021



GerbangIndonesia88,  LAMPUNG BARAT -Jelang dilaksanakannya Operasi Zebra Krakatau 2021 jajaran Polres Lampung Barat (Lambar) Polda Lampung menggelar apel kesiapan anggota, di Lapangan Mapolres setempat, Senin (15/11/2021).


Waka Polres Lambar Kompol Poeloeng Arsa Sidanu S.IK. menyampaikan amanat Kapolda Lampung yang mengatakan, permasalahan dibidang lalu lintas, dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

"Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri, khususnya pPolisi Lalu Lintas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi, diantaranya adalah etle, sim online, signal (samsat digital nasional), e-samdes (samsat desa),” terang Wakapolres mendampingi Kapolres Lambar AKBP Hadi Saepul Rahman S.IK. 


Dijelaskannya, Polda Lampung dan jajaran akan melaksanakan operasi kewilayahan fungsi lalu lintas dengan sandi “ops zebra krakatau - 2021”dengan melibatkan 551 personel polri dan 554 personel TNI serta instansi terkait, dimulai dari tanggal 15-28 November 2021, secara serentak di seluruh Indonesia dalam rangka “mewujudkan Kamseltibcar lantas yang mantap serta pencegahan penyebaran Covid-19 dengan meningkatkan disiplin masyarakat dan menegakkan protokol kesehatan”, dengan mengedepankan giat edukatif dan persuasif serta simpatik humanis. 


"Sedangkan sasaran operasi meliputi segala bentuk Potensi Gangguan (PG) , Ambang Gangguan (AG), dan Gangguan Nyata (GN) yang berpotensi dapat menyebabkan pelanggaran, kemacetan, dan kecelakaan lalu lintas serta penyebaran Covid-19. Selalu mohon do'a sebelum bertugas, utamakan faktor keamanan dan keselamatan, hindari perbuatan kontra produktif yang dapat merusak citra Polri, tidak berorentasi pada Gakkum Lantas (Tilang-red) tetapi lebih mengutamakan kegiatan preemtif dan prefentif serta tindakan simpatik dan humanis dan laksanakan tugas dengan pedoman Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada," kata Kompol Poeloeng.


Sementara, Kasat Lantas Iptu Made Erdiana Putra menerangkan Operasi Zebra Krakatau kali ini bertujuan untuk membangun budaya masyarakat yang patuh dan tertib dalam berlalu lintas.


"Dengan harapan mampu menurunkan angka kecelakaan yang terjadi di jalan raya serta memastikan masyarakat mematuhi protokol kesehatan Covid-19," ungkapnya.