Bupati Way Kanan Hadiri Pelantikan DPC KWRI dan Ini Harapannya




Gerbang Indonesia88-Way Kanan-Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, menghadiri Pelantikan Pengurus DPC Komite Wartawan Reformasi Indonesia (KWRI) Kabupaten Way Kanan,di Gedung Serba Guna Way Kanan. Rabu (12/01/2022)


Raden Adipati Surya,  Mengatakan bahwa Peran pers beserta medianya sangat dibutuhkan guna memberikan edukasi kepada masyarakat, terlebih lagi saat ini media sudah menyajikan berita secara online. Untuk itu, insan pers dituntut untuk semakin kreatif dan profesional dalam menyajikan berita, dengan berpegang teguh pada etika jurnalistik, agar para wartawan berada di koridor yang tepat. 


"Insan pers adalah kekuatan pilar keempat dalam demokrasi yang dapat membangun bangsa dan menyuarakan kepentingan rakyat. Peran pers sebagai lembaga ekonomi sangat besar pengaruhnya terhadap pemberitaan pembangunan yang sedang dilakukan oleh pemerintah," Kata Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya.


Ia menjelaskan bahwa

Dalam konteks pemberitaan tentang pembangunan dan program Pemerintah Daerah, dibutuhkan adanya profesionalitas dalam menyaring antara fakta dan opini dalam rangka mengeliminir rasa subjektifitas kita ketika menulis dengan sesuatu yang nyata, insan pers agar senantiasa mendukung pemerintah dengan menjunjung tinggi Kode Etik Jurnalistik demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan. 


"Saya berharap kepada pengurus dan anggota KWRI Kabupaten Way Kanan yang baru saja dilantik hari ini, dapat menjaga marwah organisasi secara konsisten, sehingga harmonisasi antara pemerintah dan wartawan menjadi sebuah kekuatan untuk membangun Kabupaten Way Kanan kedepan," harap Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya.


Tak lupa ia menyampaikan adanya perubahan sistem terkait kemitraan media dengan pemerintah, bahwa merujuk pada Permendagri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika tentang Pedoman Pengembangan Kemitraan Media.


"Untuk itu yang ingin kembali melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Way Kanan, kiranya dapat melakukan pendaftaran secara mandiri melalui Sistem Administrasi Informasi Registrasi Online Media atau disingkat “SAIRAGOM” yang telah di buka dari tanggal 3 Januari sampai dengan 20 Januari 2022 mendatang, hal ini penting kita lakukan guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, dengan memanfaatkan teknologi informasi secara menyeluruh dan terpadu. Untuk pengurus KWRI Way Kanan yang telah dilantik

saya ucapkan selamat bertugas, semoga amanah,"

Tutup Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya.


Acara kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya, ketua umum Karang Taruna Way Kanan, KONI Way Kanan. Ketua Iwo PD Iwo Way Kanan fito Aliesetiady SH dan beserta jajarannya.

(Apriyadi)