Harga Minyak Goreng Turun, Hendri Kadisdag Himbau Agar Warga Tidak Panic Buying




Gerbangindonesia88.com, Lampung Utara - Sesuai dengan peraturan yang telah berlaku, Pemerintah Kabupaten Lampung Utara bersama Dinas Perdagangan setempat menekan kenaikan harga minyak dan membantu perekonomian masyarakat kecil khusus dilampung utara, Jumat (22/01/2022).


Melalui kementerian perdagangan RI, pemerintah provinsi dan pemerintah Lampung Utara sepakat atas harga minyak goreng diseluruh gerai indomaret dan alfamaret/ritel modern lainnya, seharga Rp 14.000 per liter.


Dijelaskan oleh Hendri Kepala Dinas Perdagangan Lampung Utara, menjelaskan untuk pasar tradisional akan menyusul dikemudian hari, program minyak goreng kemasan dengan harga Rp 14.000 per liter merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, untuk menjamin stabilitas harga minyak goreng di dalam negeri agar tetap terjangkau oleh masyarakat.


"Saat ini telah diberlakukan kebijakan minyak goreng kemasan dengan harga Rp 14.000 per liter mulai 19 Januari 2022 pukul 00.01 WIB. Sebagai tahap awal, minyak goreng kemasan dengan harga Rp 14.000 per liter akan tersedia di ritel modern seluruh Indonesia," tambah nya.


Sementara, bagi pasar tradisional masih diberikan waktu untuk melakukan penyesuaian dan maksimal dalam waktu 1 (satu) minggu sudah tersedia minyak goreng dengan harga Rp 14.000/liter untuk semua kemasan di pasar tradisional.


Hendri juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat agar  tidak melakukan pembelian yang berlebihan (panic buying) agar stok dan harga tetap sesuai dengan standar yang ada.


"Untuk itu kepada pedagang pasar tradisional diminta untuk segera berkomunikasi dengan pemasok untuk ketersediaanya," pungkasnya. (Vivi)