152 Siswa SMA/sederajat Lampura Ikut Seleksi Paskibraka

 


GerbangIndonesia88.com, Lampung Utara-  Sebanyak 152 siswa sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat mengikuti seleksi pasukan pengibar bendera (paskibraka) Kabupaten Lampung Utara di GOR Stadion Sukung Kotabumi mulai, Rabu, 23 Maret 2022 - Kamis, 24 Maret 2022.


Berdasarkan pantauan dilapangan, para siswa diuji oleh penguji berasal dari unsur TNI - Polri dan para purna paskibraka yang tergabung dalam Purna Paskibraka Indonesia (PPI). Mulai dari tes peraturan baris berbaris (PBB) sampai dengan jasmani, dalam memenuhi persyaratan menjadi anggota paski tersebut.


"Syarat umumnya, untuk putra tinggi badan diatas 175 cm dan putri 165 cm," kata Ketua PPI Lampura, Doni Ferdian disela - sela seleksi paskibraka siang.


Menurutnya, dari jumlah 152 peserta yang terdiri dari 73 putra dan 79 putri akan mengibarkan bendera di tingkat puncak hari kemerdekaan di Lampura kelak. Mulai dari seleksi, lalu ada pelatihan - pelatihan dan dilanjutkan dengan masuk asrama sampai dengan tanggal 18 Agustus 2022.


"Karena masuk bulan ramadhan, maka akan diistirahatkan sampai tanggal 3 Mei - 4 Mei 2022. Di 9 Mei akan ada seleksi provinsi," terangnya.


Doni menjelaskan dari 33 paskibraka kabupaten akan diseleksi hingga menyisakan 7 orang. Yang selanjutnya kembali diuji untuk dapat mewakili Provinsi Lampung di tingkat nasional.


"Mereka inilah yang kelak akan mewakili Lampung menjadi pasukan pengibar bendera di Istana Negara," tegasnya.


Setelah, lanjutnya, melalui uji disemua tingkatan. Dengan tingkat kesulitan berbeda - beda, sesuai jenjangnya.


"Nanti mereka lolos dari kabupaten akan ada pelatihan khusus untuk mengikuti seleksi nasional. Kita berikan cuma - cuma oleh pemerintab daerah," pungkasnya.