Raden Adipati Surya Pimpin Langsung Musrenbang Way Kanan



Gerbang Indonesia88-Way Kanan- Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya memimpin Langsung Musrenbang kabupaten Way Kanan 2022. Dalam rangka penyusunan rencana kerja, di gedung serba guna pemkab setempat, Jumat (25/03/2022)


Raden Adipati Surya mengatakan bahwa Musrenbang Kabupaten Tahun 2022 ini, merupakan bagian penting dari sistem perencanaan pembangunan Nasional sebagai upaya untuk mewujudkan sinergitas pembangunan dari tingkat Kampung, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.


"Kemudian Melalui Musrenbang ini kita akan menentukan arah kebijakan dan program pembangunan tahun 2023 untuk menjawab berbagai persoalan aktual yang dirasakan oleh masyarakat, oleh karena itu masukan dari saudara sekalian akan sangat berharga dan memiliki arti penting  bagi upaya meningkatkan kualitas RKPD Tahun 2023.

Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan tahun 2023 merupakan tahun ketiga pelaksanaan dari RPJMD Kabupaten Way Kanan tahun 2021–2026.

Dokumen RKPD ini disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran," Kata Raden Adipati Surya.


Ia menambahkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) mempunyai peranan strategis dan penting, secara formal menjadi landasan penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara, dan R-APBD Tahun Anggaran 2023.

"Sebagaimana sama-sama kita ketahui, Kabupaten Way Kanan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung, dengan potensi dan letak strategis yang dapat dimanfaatkan untuk mendorong percepatan pembangunan daerah agar sejajar dengan daerah lain.

Letak strategis di Jalan Nasional Lintas Tengah Sumatera sepanjang 81,9 km, didukung dengan keberadaan jalur Kereta Api dengan 4 Stasiun, keberadaan Bandara Gatot Subroto  yang segera melayani penerbangan sipil akan semakin membuka konektifitas antara wilayah," tambah Raden Adipati Surya. lebih lanjut,Hal ini merupakan kekuatan dan peluang yang dapat terus dikembangkan sebagai modal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bapak Gubernur serta hadirin yang berbahagia, Kabupaten Way Kanan menurut pola tata guna lahannya sebagian besar merupakan lahan pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Selain itu Kabupaten Way Kanan merupakan daerah river basin yang sebagian besar sungai-sungainya mengalir dari arah Barat yang berbukit-bukit menuju kearah Timur yang landai.

Sebagian air sungai ini di kelola melalui Daerah Irigasi (DI) Way Umpu, Bendung Way Besai dan Suplesi Way Besai, serta Daerah Irigasi (DI) Komering.


" Hal ini sangat potensial dimanfaatkan untuk budidaya pertanian, perkebunan, budidaya ikan, dan pariwisata. Secara kewilayahan Kabupaten Way Kanan terdiri dari 15 Kecamatan, 221 kampung, dan kelurahan dengan Indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2021, sebesar 0,6558 (kategori berkembang). Pada tahun 2021 dari 221 kampung, sudah tidak ada lagi kampung dengan kategori sangat tertinggal, kampung tertinggal sudah berkurang dari 21 kampung menjadi hanya 19 kampung, kampung berkembang berkurang dari semula 180 kampung menjadi 172 kampung, dan kampung kategori maju bertambah menjadi 29 kampung dari sebelumnya hanya 20 kampung, serta sudah ada 1 kampung mandiri dimana pada tahun sebelumnya tidak ada,"lanjut Raden Adipati Surya.

Ia menjelaskan bahwa Dari sisi demografi memperlihatkan perkembangan yang baik, penduduk Kabupaten Way Kanan tahun 2021 berjumlah 476.871 jiwa, dengan laju pertumbuhan penduduk sebesar 0,93%. Jumlah Penduduk Usia produktif (15-64 tahun) merupakan kelompok umur yang paling besar yaitu berjumlah 318.929 jiwa atau 66,88% dari penduduk Way Kanan, hal ini menunjukkan bahwa Kabupaten Way Kanan berada pada era “Bonus Demografi”. 


"Kemudian Bonus demografi akan menjadi berkah jika angkatan kerja produktif yang mendominasi jumlah penduduk bisa terserap pada pasar kerja secara baik. Sebaliknya, bonus demografi menjadi bencana demografi jika angkatan kerja tidak terserap pasar kerja dengan baik," tutup Raden Adipati Surya.


Acara dihadiri langsung oleh ketua DPRD Way Kanan sekertaris daerah kabupaten Way Kanan, Kapolres Way Kanan Dandim 0427wk beserta jajarannya.

(Aprydi)