Kebanggan Bupati Lamtim Ketika Produk UMKM Masyarakatnya Dapat Bersaing di Pasaran Ekonomi



GerbangIndonesia88.com, SEKAMPUNG (KOMINFO LAMTIM)-Kebanggaan Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo tentu ketika masyarakatnya dapat bersaing dipasaran ekonomi, apalagi peran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur membantu pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang telah menembus pasar modern yang sangat membuahkan hasil. 


Kebanggaan itu terlihat orang nomor satu di Lamtim, Bupati M. Dawam Rahardjo saat hadir untuk melauncing peluncuran produk di Indomaret Desa Hargomulyo Kecamatan Sekampung, Selasa (22/03/2022). Dimana Bupati yang low profile ini menjelaskan, bahwa untuk dapat menembus pasar modern, banyak persyaratan yang harus dipenuhi pelaku UMKM. Antara lain kualitas, standar kesehatan dan kemasan. Selain itu, harus memiliki izin usaha dan sertifikat produksi pangan industri rumah tangga (SPPIRT).


Untuk memenuhi persyaratan tersebut, Pemkab Lamtim telah menjalin kerjasama dengan pihak Indomaret guna menggelar pelatihan kepada pelaku UMKM.


Berkat pelatihan tersebut, kini produk UMKM sudah dapat dipasarkan di Indomaret. Sebagai tahap awal, ada lima produk UMKM yang dapat dipasarkan. Yaitu kopi bubuk dan produk makanan ringan.


“Semoga ke depan semakin banyak produk UMKM Lamtim yang dapat masuk ke pasar modern,” kata Dawam


Kesempatan yang sama, Branch Manager Indomaret Lampung Didiet Saputro mengatakan, pelatihan digelar pada Juni 2021 lalu. Terkumpul 36 produk. Hasil kurasi, ada lima produk yang bisa masuk.


“Besar harapan kami, bisa terus membantu pelaku UMKM Lamtim,” kata Didiet Saputro dalam acara yang juga dihadiri Untung Tri Haryono selaku Manager CSR Indomaret Jakarta.


Ditambahkan, sebagai tahap awal, produk UMKM dipasarkan di 20 gerai yang tersebar seluruh Lamtim. 


Hadiri mendampingi Bupati Dawam Staf Ahli Bupati KMS. Tohir Hanafi, Kadis Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Budiyul Hartono serta Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Edi Saputra. (Kominfolamtim)

0 Komentar