Pemkab Pesibar Gelar Rapat Sanitasi Mandiri Masyarakat Untuk Penekanan Stunting



Pesisir Barat- Pemkab Pesisir Barat menggelar Rapat Sanitasi Mandiri Masyarakat dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting, yang bertempat di ruang Media Center Diskominfo, Selasa (20/12/2022).


Rapat tersebut dibuka oleh Ketua Umum TP-PKK Septi Istiqlal sekaligus selaku Wakil Ketua Tim Satgas Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Pesisir Barat didampingi Wakil Ketua Pelaksana Tim Satgas dan Plt. Sekdakab.


Penurunan stunting butuh komunikasi dan kerjasama antara pihak terkait dan Tim Satgas menurutnya stunting telah menjadi isu Nasional, maka dari itu semua harus bergerak bersama dalam rangka penurunan stunting.


"Camat agar selalu mengecek dilapangan jika ada keluarga ataupun kerabat yang mengalami stunting untuk segera diproritaskan, mulai dari mengecek kesehatan, tempat tinggal sampai dengan lingkungan sekitarnya" Ujarnya.


Terkait sampah dilingkungan kita, imbuhnya, sangat penting untuk dibersihkan karena menyangkut kesehatan dan kebersihan lingkungan sekaligus menganggu pemandangan sekitar.


"Untuk kedepannya kita kembangkan prilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan kita, agar masyarakat bebas dari kasus stunting serta mengharumkan nama Kabupaten Pesisir Barat," Harapnya.


Sementara itu, Plt. Sekda Jalaludin, menegaskan tentang pentingnya penurunan stunting sehubungan dengan perkembangan zaman masyarakat sangat membutuhkan sanitasi air bersih dan lingkungan yang sehat dan lain-lain.


"Ada hal yang tidak kita sadari masih banyak anak-anak kita tidak sehat, yang masih butuh asupan gizi dan kurangnya pengetahuan. Stunting tidak bisa diselasaikan oleh Dinas PPPA dan Dinas Kesehatan saja, melainkan kebersamaan kita semua, hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam lingkungan kita mulai dari makanan sampai dengan tempat tinggal," Kata dia. (**)