Bayi Laki-laki di Dalam Tas Ditemukan Oleh Warga Desa Kagungan Raya

 

Foto bayi yang diduga dibuang oleh orangtuanya 

Lampung Utara- Warga Kagungan Raya, Desa Bandar Kagungan Raya, Abung Selatan, Lampung Utara digegerkan dengan ditemukannya bayi laki-laki dalam tas yang sengaja dibuang di pingir jalan depan pintu gerbang salah satu rumah daerah setempat, Selasa (17/1/2023), pukul 20.00.


Bayi laki-kali tak berdosa diperkirakan  berumur satu hari itu, dalam kondisi sehat dengan berat badan 2,8 kg dan pajang 48 cm,  kini dalam perawatan tim medis  dan diasuh oleh salah seorang pamong dusun setempat.


Menurut Kapolsek Abung Selatan, Lampung Utara AKP Haryono didampingi Kanit Reskrim, Kamis (18/1/2023), membenarkan adanya pembuangan bayi laki-laki di dalam sebuah tas warna hitam yang dilakukan oleh orang tuanya yang tidak bertagungjawab.


"Kondisi bayi laki-laki yang diperkirakan berumur satu hari saat ini dalam kondisi sehat ditangani tim medis seorang bidan Des setempat," ujarnya.


Dia juga menjelaskan bayi laki-laki diketahui dengan berat badang 2,8 kg dan pajang 48 cm kini dirawat oleh salah seorang pamong dusun setempat dan pihaknya telah berkordinasi dengan pihak terkait seperti dinas sosial Lampung Utara.


"Saat ini kami masih melakukan penyelidikan atas kasus pembuangan bayi laki-laki tersebut dan mencari keberadaan orang tua bayi tersebut," katanya.


Dari keterangan warga setempat, lanjut Kapolsek, tidak diketahui siap orang tua bayi yang tidak bertanggungjawab membuang anaknya itu dan diperkirakan orang tua bayi diperkirakan beralamat luar dari daerah tersebut.


Peristiwa pembuangan bayi oleh orang tua yang tak bertanggungjawab itu, awalnya diketahui oleh saksi warga yakni Dedi Susanto (38), yang kebetulan sedang mengendarai sepeda motor melintasi jalan itu.


Mengetahui ada sebuah tas besar  warna hitam yang mencurigakan diletakan di pinggir jalan begitu saja ia langsung menghentikan laju kendaraanya dan didekati ternyata dalam tas kondisi terbuka tersebut ada sesosok bayi dan langsung memberi tahu pamong dusun dan warga.


"Saat itu bayi dalam tas dalam kondisi masih hidup dan langsung dibawa ke rumah warga untuk diberikan pertolongan  oleh tim medis seorang Bidan," terangnya.


Dalam tas itu, selain untuk meletakan bayi, rupanya ada perlengkapan bayi seperti susu kotak, pempers, tisu basa dan lain-lain.    


"Alhamdulilah hingga saat ini kondisi bayi laki-laki tak berdosa tersebut masih sehat dan dirawat oleh warga," terang Kapolsek lagi. (Tim)