PT. Banjarsari Pribumi Resmikan Fasilitas Pelatihan Peternakan Sapi Pemanfaatan Lahan Reklamasi Bekas Tambang

 


LAHAT, - Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) merupakan bagian dari kegiatan operasional PT. Banjarsari Pribumi," BP Farm," dalam rangka kontribusi terhadap pembangunan di wilayah sekitar kegiatan operasional perusahaan khususnya di Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.


Untuk diketahui pada tahun 2023 ini program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT. Banjarsari Pribumi," BP Farm," disalurkan dibidang fasilitas pelatihan perternakan sapi pemanfaatan lahan reklamasi bekas tambang yang pada hari ini Kamis (22/06) diresmikan langsung pihak PT. Banjarsari Pribumi," BP Farm," serta disaksikan langsung oleh Inspektur Tambang Kementrian ESDM, Kepala Bidang Perekonomian & SDA Bappeda Kabupaten Lahat, Kepala Desa Banjar Sari, Kepala Desa Arahan, Kepala Desa Gudung Agung, Jajaran Redaksi PT. Banjarsari Pribumi serta tamu undangan lainya.


Sambutan Kepala Teknik Tambang PT. Banjarsari Pribumi, BP Farm", Yudha Karani, mengatakan pada hari ini pihak PT. Banjarsari Pribumi, BP Farm", dapat melakukan peresmian fasilitas pelatihan Peternakan sapi pemanfaatan lahan reklamasi bekas tambang menjadi area pertenakan pendukung program pengembangan dan Pemberdayaan masyarakat (PPM).


"Tujuan didirikan fasilitas pelatihan Peternakan ini guna meningkatkan kwalitas bagi peternak lokal di wilayah kerja PT. Banjarsari Pribumi serta dapat meningkatkan penghasilan ekonomi bagi masyarakat setempat," jelasnya.


Masih katanya program ini, semoga  kedapanya dapat di contoh bagi perusahaan- perusahaan tambang yang ada di kawasan Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.


"Saya yakin program ini kedepanya akan berhasil, apabila kita saling bersenergi baik dari Pemerintah Desa serta Pemerintah Kabupaten Lahat dan pihak- pihak yang terlibat. Dikesempatan yang baik ini saya mewakili pihak PT. Banjarsari Pribumi mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh undangan yang mana dapat hadir didalam kegiatan ini," harapanya.


Sementara sambutan Inspektur Tambang Kementerian ESDM Dodi Putra Utama, mengucapkan terimakasih kasih kepada PT. Banjarsari Pribumi," BP  yang mana telah mengundang dikegiatan yang sangat bermanfaat ini, yaitu peresmian fasilitas peternakan.


"Kegiatan reklamasi merupakan kegiatan yang sangat penting, oleh karena itu kegiatan reklamasi yang akan diterapkan pada suatu lahan guna mencapai hasil yang diinginkan maka dalam hal ini adalah kegiatan reklamasi harus mengikuti kaidahkaidah reklamasi yang telah ada yang disesuaikan dengan kondisi lahan yang akan direklamasi," urainya.


Masih katanya PT. Banjarsari Pribumi, Farm", menjadi pelopor menyediakan daging sapi super terbaik yang ada di Kabupaten Lahat serta berharap program- program lainya dapat berjalan sesuai yang telah direncanakan oleh PT. Banjarsari Pribumi.


"Saya berharap kepada pihak PT. Banjarsari Pribumi program PPM ini terus berkelanjutan karena ini wajib dilakukan, serta kedepannya dapat melakukan terobosan- trobosan lainya. Semoga apa yang diperbuat oleh PT. Banjarsari Pribumi berjalan sesuai dengan keinginan dan bermanfaat bagi masyarakat," harapnya.


Ditempat yang sama Kepala Bidang Perekonomian & SDA Bappeda Kabupaten Lahat Febri Ariani mewakili Kepala Bappeda Lahat, dikesmpatan yang baik ini menyampaikan pesan dari Kepala Bappeda Lahat beliau meminta maaf kepada jajaran redaksi PT. Banjarsari Pribumi," BP Farm", yang mana tidak dapat hadir didalam kegiatan hari ini dikarenakan beliau ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan.


"Dikesempatan ini kami memberikan support kepada PT. Banjarsari Pribumi, Farm", yang telah melaksanakan program kerjanya, yaitu peresmian fasilitas pelatihan peternakan sapi yang manfaatkan lahan bekas galian tambang Batu Bara," ucapnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, apa yang dilakukan PT. Banjarsari Pribumi, "BP Farm," untuk menjadi contoh bagi perusahaan- perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan ini.


"Apa yang dilakukan oleh PT. Banjarsari Pribumi," BP Farm," ini juga mendukung program Pemerintah Kabupaten Lahat. Semoga program ini dapat berjalan lancar susai keinginan bersama dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar," harapnya.


Kepala Desa (Kades) Desa Banjar Sari Aldiansah yang mewakili Kepala Desa yang hadir, mengucapkan terimakasih kepada PT. Banjarsari Pribumi, BP Farm," yang mana telah mengundang Kapala Desa yang masuk ring satu di kawasan operasi kerjanya.


"Alhamdulillah PT. Banjarsari Pribumi," BP Farm," telah banyak membantu warga- warga kami baik bantuan materi dan bantuan lainnya serta juga alhamdulilah warga kami banyak yang diterima bekerja disini," singkatnya. (Tim)