Pemkab Lambar Gelar Upacara Peringatan Hari Guru Nasional



GerbangIndonesia88, LAMPUNG BARAT -Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Ke-76 dan Hari Guru Nasional Tahun 2021 dengan tema "Bangkit Guruku Maju Negeriku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh", di halaman Sekolah Kopi Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumber Jaya, Kamis (25/11/2021).


Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Parosil Mabsus selaku Pembina Upacara dan diikuti Ketua Gerakan Literasi Daerah (GLD),Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala BPBD, Kasat Pol PP, Camat Way Tenong dan Sumber Jaya, Guru Pensiun/Purnatugas beserta Perwakilan Guru di Seluruh kecamatan di Lambar.


Dalam sambutan Pembina Upacara mengatakan setelah 76 tahun kita menyapa guru serta segenap palaku pendidikan lainnya. Namun, hampir dua tahun terakhir ini wajah pendidikan Indonesia sedikit kusam dan lebih mengerut daripada tahun-tahun sebelumnya imbas pandemi Covid-19.


"Kondisi ini tentunya membuat para guru terus berupaya untuk beradaptasi dengan situasi, kondisi, serta sistem belajar mengajar, guna membantu dan mengantar para murid ke gerbang pintu masa depan dengan ilmu pendidikan yang bermanfaat," Kata Bupati.


Selain lahirnya sistem pembelajaran daring, lanjutnya, sistem pembelajaran jarak jauh, hingga pembelajaran tatap muka dengan kondisi terbatas, tidak mematahkan semangat para guru untuk bisa terus mengabdi pada negara.


"Pandemi ini merupakan ujian hebat ynag mengajak kita untuk memetik hikmah terkait dengan pendidikan. Guru-guru Indonesia giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa pandemi. Sikap-sikap positif ini dan semangat pantang menyerah adalah sebuah keteladanan untuk anak-anak kita, murid-murid kita, para penerus bangsa," Sambungnya.


Ia jugq berharap dengan karakter yang sabar dan pantang menyerah dalam pendidikan, semoga bisa bergerak menuju energi positif, menjadi pribadi yang baik, berpengetahuan, dan punya keterampilan yang dapat diandalkan dalam kehidupan sehari-hari 


"Sekarang, para orang tua semakin sadar akan pentingnya membimbing anak di rumah. Para guru semakin sadar akan pentingnya teknologi sebagai akselerator pendidikan, dan semua orang mungkin sudah mulai sadar bahwa pendidikan adalah investasi berharga di dunia pendidikan," Pungkasnya. (**)