Inspektorat Akan Segera Periksa Apabila Ada Laporan Terkait Ijazah Palsu



Gerbangindonesia88.com, Lampung Utara – Inspektorat Lampung Utara akan segera tindak lanjuti apabila adanya laporan dan informasi akurat terkait Pegwai Negeri Sipil (PNS) yang menggunakan ijazah orang lain, Rabu (23/03/2022)


Masih bekaitan dengan PNS yang bernama EST yang bertugas di salah satu Dinas Instansi Lampung Utara, yang diduga menggunakan ijazah orang ain yang bernama SDM yang juga merupakan sepupunya sendiri, untuk mendapatkan gelar PNS.


Informasi atau pemberitaan tersebut kemudian mendapat tanggapan oleh Inspektorat Lampung Utara. Saat dihubungi melalui pesan singkat, Ridho Alrasyidi selaku Inspektur Pembantu menjelaskan terkait hal itu, pihak inspektorat akan segera menindaklanjuti apabila ada laporan dan data yang akurat.


“Klo untuk masalah sanksi nya kita harus melakukan pemerikasaan dulu, sama ada laporan yang masuk dan ada perintah pimpinan kita tindak lanjuti,” balasnya.


Pemeriksaan yang dilakukan juga sesuai dengan laporan dan data-data yang telah diterima oleh pihak Inspektorat, dan didukung oleh data-data yang akurat. “Pemeriksaan nya dilakuka klo ada laporan yang masuk ke kita, selama ada laporan masuk juga didukug data2 yang ada,” tulisnya.


Terakir dijelaskan oleh Ridho, pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak inspektorat adalah dengan menggali kembali informasi yang didapat dan memastikan bahwa data tersebut akurat, sehingga setelah akurat maka akan segera diitindak lanjuti ke tahap berikutnya.


“Tapi klo untuk pemeriksaan ijazah palsu penanganannya langsung ke APH karena terkait pidana penipuannya,” balasnya lagi.


Sampai berita ini diterbitkan pihak EST  atau TM belum bisa memberikan klarifikasinya. (shanti)