Kades Penagan Ratu Jadi Inspeksi Upacara



GerbangIndonesia88.com, Lampung Utara -Desa Penagan Ratu, Kecamatan Abung Timur gelar Upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-77, di Lapangan Dusun Dworowati, Rabu (17/08/2022)


Dalam hal ini, Kepala Desa Penagan Ratu Taufik bertugas sebagai Inspektur Upacara. Untuk Komandan Upacara yang bertugas saat ini adalah Sertu Rizal Bono yang merupakan Bhabinsa dari Kecamatan Abung Timur.



Upacara ini diikuti oleh para pelajar mulai dari tingkat TK sampai dengan SMP. Tidak hanya itu, para masyarakat setempat juga sangat antusias mengikuti Upacara Kemerdekaan tersebut, mulai dari tingkat Karang Taruna sampai lansia. 


Tidak kalah pentingnya lagi, para perangkat desa pun turut mengikuti Upacara Kemerdekaan, sebanyak 25 RT dan 5 dusun. Terlihat dalam ruang tamu undangan nampak hadir Dedy Andrianto Sekretaris DPC partai PKB Lampung Utara yang dalam hal ini juga berperan sebagai Ketua Panitia kegiatan. 



Dijelaskan oleh Taufik selaku Inspektur Upacara (Kades Penagan Ratu), upacara tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI Ke-77. "Alhamdulillah kita diutus untuk melaksanakan upacara ini, dan para warga juga sangat berantusias mengikuti upacara ini, sehingga upacara ini dapat berjalan dengan lancar," jelasnya.



Di tempat yang sama Ketua Panitia Dedy Andrianto menyebutkan bahwa para pasukan Paskibraka dipilih dari para pelajar desa setempat, dan dilatih oleh pelatih terpilih. "Untuk pasukan pengibar bendera kita ambil dari siswa SMP disini, kita latih selama kurang lebih dua Minggu," ujarnya.


Diharapkan kepada seluruh warga desa setempat agar dapat terus rukun, dan menjaga ketertiban, sebagai bentuk menghargai dan mempertahankan tali silaturahmi serta bentuk musyawarah yang telah dijalani,  sesuai dengan Sila ketiga dan keempat Pancasila.



Seusai upacara ini digelar, kemudian dilakukan pembagian hadiah perlombaan yang sebelumnya telah dilaksanakan, serta adapun penampilan Reog Ponorogo sebagai bentuk hiburan untuk masyarakat. (Shanti)