Penasehat PWI LU Jadi Pembina Upacara di SMP dan SMA LKMD Abung Timur



Lampung Utara - Penasehat Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Lampung Utara bertugas sebagai Pembina upacara di SMP dan SMA LKMD Kecamatan Abung Timur, Senin (29/08/2022)


Upacara bendera dilapangan sekolah tersebut dilaksanakan pukul 07.15 WIB. Agus Hardono yang merupakan penasehat PWI Lampung Utara tersebut bertugas sebagai pembina upacara pada kesempatan kali ini.


Sebagai pembina upacara, ia juga menyampaikan beberapa amanatnya kepada seluruh peserta upacara. Amanat tersebut salah satunya adalah, memberi arahan kepada seluruh siswa agar dapat lebih bijak dalam menggunakan handphone dan sosial media.


Ia juga memberikan penjelasan bahwa apabila salah dalam penggunaan handphone dan sosial media, maka dapat tersandung hal yang berbau hukum.


"Menggunakan HP yang tidak tepat bisa terancam dengan UU ITE dan KUHP perbuatan tidak menyenangkan dan pencemaran nama baik," jelasnya.


Selain itu, Agus Hardono juga mengajak pengurus OSIS untuk membangun komunikasi dengan organisasi pers dan media. Karena sangat penting adanya jalinan kerjasama antara sekolah dan media, demi mempublikasikan kegiatan sekolah tersebut. 


"Sehebat apapun sekolah melakukan kegiatan, namun tanpa publikasi, tidak akan diketahui oleh masyarakat luas, jadi akan terasa percuma," ujarnya.


Penjelasan tersebut diberikan dengan alasan kecanggihan pada masa seperti sekarang ini bisa dikatakan tidak dapat ditinggalkan. Dimana seluruh informasi dapat didapatkan melalui sebuah berita dan sosial media.



"Dengan era digital pada masa sekarang ini, ibaratkan dunia sudah dalam genggaman. Contoh seandainya seluruh wartawan di dunia pada hari ini tidak menulis berita, dan semua media baik cetak maupun elektronik menghentikan aktivitasnya, maka kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi pada hair ini, biak dalam ataupun luar negeri," pungkasnya.



Terakhir ia juga menghimbau agar seluruh siswa dapat menjadi penerus bangsa yang baik, yang tetap menjunjung tinggi Pancasila dan ideologi negara. (Shanti)