Bupati Lahat Buka Lomba Masak Serba Ikan Dengan Memukul Gong

  



LAHAT- Bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Lahat, diadakannya acara lomba masak serba ikan Kabupaten Lahat tahun 2022, dengan tema " Ragam menu dan kreasi masakan ikan untuk menyehatkan, mencerdaskan dan mencegah stunting" Rabu (23/11/2022).


Dihadiri Bupati Lahat Cik Ujang SH, beserta Wakil H. Haryanto SE.MM, Forkopimda Lahat, Kepala Dinas Perikanan Drs. H. Deswan Irsyad, Ketua TP-PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang bersama Wakil Hj. Sumiati S.Pd, Perwakilan Ketua Dharma Wanita, segenap jajaran OPD, seluruh Camat Se-Kabupaten Lahat, dan peserta lomba.


Sebelum memasuki acara, Bupati Lahat bersama Wakil dan Forkopimda beserta jajaran yang lainnya, meninjau hasil dari masakan ikan yang telah disediakan oleh para peserta lomba.


Dalam laporan Kepala Dinas Perikanan Drs. H. Deswan menyampaikan, Alhamdulillah Kegiatan pada hari ini atas dukungan Ketua TP-PKK Kabupaten Lahat melalui Dinas Perikanan, dimana ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lahat selalu berupaya untuk meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Lahat, salah satunya kegiatan hari ini lomba masak serba ikan.


"Dengan demikian kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan inovatif baru, sehingga dengan kegiatan ini masyarakat Kabupaten Lahat kedepannya gemar untuk memasak ikan, adapun target indeks menu masak ikan mencapai pada level 3,5.


"Selama ini kami selalu mengoperasikan arahan Bapak Bupati Lahat untuk mencapai target bibit ikan dengan sejuta. Alhamdulillah berkat arahan Bapak Bupati dan Wakil serta Ketua TP-PKK Kabupaten Lahat, Kabupaten Lahat  mengadakan bibit ikan satu juta telah terlampaui. Selanjutnya Kami mohon pada Bupati lahat, untuk menyampaikan sambutan dan sekaligus membuka acara lomba secara resmi", sampainya.


Bupati Lahat Cik Ujang dirinya menyampaikan, untuk kepada seluruh lurah dan camat yang ada di Kabupaten Lahat, agar menggalakan lagi untuk mendirikan lubuk larangan di Desa desa, karena hal ini sangat bermanfaat sekali untuk anak anak dimasa muda, dan beri peringatan jangan menggunakan racun ikan atau menggunakan tube serta menyentrum di sungai. 


"Program program ini kalau tadi disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan untuk telah mencapai target bibit ikan satu juta, maka  selanjutnya kedepan kita targetkan lagi menjadi 2 juta bibit ikan. Bupati Lahat dan Wakil sangat suport dengan diadakannya program lomba masak ikan ini. Dan kepada camat camat dan lurah setiap kegiatan kegiatan di Kabupaten Lahat ini ikutilah dengan secara baik, supaya silaturahmi terjaga. Kemudian kepada para Jurinya harus independen, kalau memang mereka berhak dapat juara Satu harus juara Satu, jangan memandang karena kedekatan. Harus bersifat tegas dan adil, dan kepada seluruh peserta jalanilah bersama sama kompak, supaya bisa berjalan lancar", ungkapnya.


Selanjutnya dilakukan pemukulan Gong oleh Bupati Lahat didampingi Wakil dan rombongan lainnya, sebagai tanda lomba masak serba ikan dimulai. (Ganda)