69 KPM Mendapatkan BLT-DD Triwulan Keempat Dari Pemdes Tanjung Nibung

 




LAHAT- Bertempat di balai desa Desa Tanjung Nibung Kecamatan Tanjung Tebat, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, hari ini Selasa (20-12-2022) Pemerintah desa Tanjung Nibung Salurkan BLT-DD triwulan keempat pada 69 keluarga penerima manfaat (KPM). 


Turut hadir dalam penyaluran BLT-DD tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Tanjung Tebat (Forkopimcam), Camat Tanjung Tebat Yefri Kurniawan STTP MM, yang diwakili Pomidi (Kasiyanum), Kapolsek Kota Agung AKP Zairul, Danramil 405/09/KA, Kapten Inf Heru, Tego Hariansyah (Kades) BPD, dan Perangkat desa Tanjung Nibung.


Sebelum penyerahan BLT-DD triwulan keempat dimulai, Kepala desa Tanjung Nibung Tego Hariansyah dalam sambutannya mengatakan, bahwa hari ini masyarakat desa Tanjung Nibung menerima BLT-DD triwulan keempat sebesar Rp 300.000,"/bulan, dari bulan Oktober, Nopember dan Desember. Maka dikesempatan ini ia selaku kepala desa mengharapkan pada masyarakat agar memanfaatkan dana bantuan sosial ini dengan sebaik-baiknya. Tego juga mengucapkan permohonan maafnya bila dalam satu tahun ia menjabat sebagai kepala desa ini mempunyai kesalahan atau program kerja yang belum terealisasi.


"Gunakanlah dana ini untuk kebutuhan pokok dalam rumah tangga, jadi total uang diterima oleh setiap KPM sebesar 900 ribu,"jelasnya.


Masih kata Tego, bahwa tujuan pemerintah memberikan bantuan ini untuk menopang ekonomi keluarga, yang terdampak dari covid-19. Ia juga menyampaikan pada seluruh kpm, bahwa tahun 2023 mendatang, penerima BLT-DD yang telah diatur oleh pemerintah yang berhak mendapatkan BLT-DD yang benar-benar miskin ekstrim. Oleh karena itu meminta masyarakat agar memahami, bahwa semua kpm yang mendapat BLT-DD saat ini tidak akan semuanya mendapatkan kembali. Karena dalam aturan pemerintah yang berhak mendapatkan BLT-DD maksimal 25% yang betul-betul miskin ekstrim. 


"Maka dari itu kami pesankan agar memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya demi kebutuhan dalam rumah tangga,"terangnya.


Hal senada juga disampaikan Camat Tanjung Tebat Yefri Kurniawan yang disampaikan melalui Pomidi (Kasi Yanum) bahwa penerima BLT-DD tahun 2023 mendatang, untuk desa Tanjung Nibung masih ada atau nol penerima. Karena kalau mau menurut kriteria harus miskin ekstrim. Maka dari itu nantinya, ia berharap pada masyarakat agar mengikuti rapat musyawarah desa (Musdes) supaya diketahui ada dan tidaknya yang memenuhi syarat tersebut.


"Karena penerima BLT-DD tahun depan bukan dampak dari covid-19 lagi, tetapi yang benar-benar miskin ekstrim,"tegasnya.


Sementara itu Mewakili Danramil 405/09/KA Peltu M. Lido mengatakan, bahwa selaku Babinsa desa Tanjung Nibung ia menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga Kamtibmas. Karena TNI - Polri jelang akhir tahun ini terus mengedepankan keamanan dan ketertiban masyarakat. Mengenai dana yang telah diterima oleh masyarakat melalui BLT-DD, ia juga berpesan agar memanfaatkan dana tersebut untuk keperluan rumah tangga.


"Harapan kami jaga ketertiban masyarakat di desa demi terciptanya Kamtibmas,"tandasnya.


Selanjutnya dilakukan penyerahan BLT-DD secara simbolis oleh Forkopimcam tanjung Tebat, Kapolsek Kota Agung, Danramil, kepala desa dan BPD desa Tanjung Nibung. Terpantau selama penyerahan BLT-DD berlangsung situasi aman dan kondusif. (Ganda)