Dukung Program Pemulihan Ekonomi Masyarakat, Desa Wanaraya Kembangkan Budidaya Ikan Lele

 




LAHAT - Dalam upaya mendukung program pemulihan ekonomi kemasyarakatan Pemerintah Desa (Pemdes) wanaraya , Kecamatan Kikim Barat,telah mengembangkan Budidaya Ikan Lele dengan media terpal.


Kepala Desa (Kades) wanaraya Warsanto menjelaskan, budidaya ikan lele merupakan program ketahanan pangan yang telah disepakati masyarakat dalam musyawarah desa (Musdes). Dimana, lanjutnya, program itu dinilai dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.


“Untuk dana pengembangan budidaya ikan lele ini, dananya bersumber dari Dana Desa (DD),” ujar warsanto,


Dimana, lanjut warsanto penyediaan program ketahanan pangan dan hewani untuk masyarakat, dan ini masih Tahap uji coba masih di kelola oleh panitia Yang ditujuk, apabila berhasil baru di Jadikan sebuah kelompok.


“Sesuai arahan Bupati Lahat terhadap belanja DD agar mendorong dan memprioritaskan sektor produktif dengan mengembangkan budidaya tanaman unggulan yang berorientasi ekspor atau telah memiliki pasar,” terangnya.


Lebih lanjut warsanto selaku kepala Desa wanaraya menjelaskan “Kolam terpal yang kita mulai dengan budi daya ikan lele, diharapkan sebagai pemacu yang dapat menggerakan semangat warga Desa untuk melakukan usaha dengan pemamfaatan lahan perkarangan. Dengan tujuan akhirnya nanti mampu mendongkrak perekonomian warga.”jelasnga


Dia juga mengatakan ada 10  kolam yang diletakan satu tempat,  yang dapat menampung kurang lebih 1.000 ekor benih ikan lele. 


"Untuk Tahap pertama ini sudah kita tebarkan sekitar 50.000 bibit ikan lele, kedepan Harap kami bisa meningkatkan perekonomian warga dan membuat Lapangan perkerjaan Bagi masyarakat " Harapnya. (Ganda)