PWI dan Iwo Berklaborasi Menyatukan Visi Misi Untuk Kemajuan Daerah

 


Tulang Bawang Barat---Ketua Persatuan Wartawan Indonesia, ( PWI ) Tulang Bawang Barat (Tubaba) Dedi Priyono, SH kunjungi Sekertariat Pengurus Daerah Ikatan Wartawan o

Online (IWO) setempat, di Tiyuh Pulung Kencana, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kamis (08/12/2022)


Selain membahas profesionalisme kewartawanan di Tubaba, kunjungan ketua PWI yang didampingi ketua seksi bidang pemuda dan olahraga Deri Kusuma Jaya, dalam rangka membangun Kolaborasi antar organisasi pers di kabupaten berjuluk Bumi Ragem Sai Mangi Wawai tersebut.


"Saya dan ketua IWO Arpani memang sudah sejak lama berteman dan sama-sama besar di PWI, kebetulan kami memiliki cara pandang yang sama meskipun saat ini menahkodai organisasi yang berbeda. Silaturahmi ini akan kami lakukan bersama, ke seluruh pimpinan organisasi pers lainnya selama bulan Desember 2022 ini, untuk menyamakan persepsi tentang perkembangan pers di Tubaba" kata Dedi.


Dia menambahkan, pada dasarnya tujuan organisasi pers adalah sama, yakni bersatu dan membentuk anggota menjadi wartawan profesional terutama taat kode etik jurnalistik dalam menjalankan profesi sebagai wartawan. 


"Pers berpayung hukum di Undang-undang nomor 40 tahun 1999, dan kerja kerja wartawan wajib patuh terhadap Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Peraturan Organisasi dan keputusan keputusan Dewan Pers." kata Dedi.


Lanjut ketua PWI Tubaba yang terpilih secara aklamasi pada 20 Oktober 2022 itu, berbagai persoalan di lapangan yang dilakukan oleh oknum yang mengaku sebagai wartawan telah meresahkan semua pihak, terutama Pemerintah Tiyuh dan Sekolah. 


"Modus oknum yang diduga melakukan penyalahgunaan profesi wartawan di lapangan adalah meminta uang, mengaudit anggaran yang bukan kewenangannya dan cara-cara lainnya, jika tidak dikasih uang okum itu ngancam akan mengkriminalisasikan dengan cara-caranya. Ini harus menjadi perhatian para organisasi pers untuk menjaga marah profesi wartawan" pungkasnya 


Sedangkan ketua IWO Tubaba Arpani, menyampaikan apresiasinya atas kunjungan yang dilakukan ketua PWI Tubaba. 


"Saya sangat mengapresiasi ketua PWI Tubaba periode 2022-2025, di tengah kesibukannya yang terbilang padat dan sedang menyusun berbagai program dan strateginya, masih bisa menyempatkan diri berkunjung ke sekertariat IWO untuk berbagi pengalaman dan bertukar saran dan pendapat untuk sama-sama mengembangkan organisasi pers," ungkapnya.


Ketua IWO Tubaba, berharap kerjasama antar organisasi dapat di kembangkan dan melahirkan program-program yang bermanfaat baik bagi insan pers, masyarakat dan pemerintah daerah, khususnya bersama seluruh organisasi Pers di Tubaba. 


"Pengurus Daerah IWO Tubaba, mendukung seluruh program bersama dengan berkolaborasi bersama organisasi pers. Kami siap duduk bersama menyikapi berbagai persoalan pers di Tubaba, dan IWO juga akan ikut  bersilaturahmi ke pimpinan organisasi pers lainnya. Kan slogan Tubaba ini Ragem Sai Mangi Wawai yang artinya Kebersamaan untuk keberhasilan, maka kita wujudkan slogan itu untuk kemajuan Tubaba," ungkap ketua IWO Tubaba yang didampingi Sekretaris Yunas.(*istamar)