Harga Cabai Merah dan Rawit Menurun di Pasaran

 

Foto bahan kebutuhan dapur yang mengalami penurunan harga


Lampung Utara---Harga kebutuhan bumbu dapur cabai merah besar dan cabai rawit mengalami penurunan harga mencapai Rp 10 ribu/kg di Sejumlah Pasar Tradisional Kotabumi, Lampung Utara, Selasa (17/1/2023).


Penurunan harga cabai tersebut dipicu adanya melimpahnya pasokan barang dari tingkat petani cabai ke para pedagang daerah setempat.


Menurut Maryati (50) salah satu pedanga cabai di Pasar Sentral Kotabumi, Lampung Utara mengatakan dalam dua pekan terakhir harga cabai mengalami penurunan harga sebesar Rp 10 ribu/kg.


"Penurunan harga cabai dikerenakan melimpahnya pasokan barang cabai dari tingkat petani ke pedagang,"ujarnya.


Dia juga menjelaskan harga jual cabai merah besar di jual seharga Rp 30 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp 40 ribu/kg dan harga cabai rawit di jual seharga Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu/kg.


"Untuk harga cabai rawit tidak mengalami penurunan atau kenaikan harga dan harga jual masih tetap yakni Rp 50 ribu/55 ribu/kg,"katanya.


Untuk mengenai pasokan barang cabai merah besar dan rawit, lanjut Maryati, di pasok dari petani daerah luar Lampung Utara yakni Lampung Barat dan Metro.


Hal senada dikatakan Hendri (35) pedanga cabai di pasar Delon Kotabumi, Lampung Utara, saat ini pasokan barang cabai merah besar dan rawit cukup melimpah dan mempengaruhi terjadi penurunan harga jual.


"Untuk harga cabai merah besar mengalami penurunan harga  jual di pasaran seharga Rp 30 ribu/kg dari harga sebelumnya Rp 40 ribu/kg. Untuk harga cabai rawit masih tinggi yakni sebesar Rp 50 ribu hingga Rp 55 ribu/kg. (Tim)