Wabup Azwar Hadi, Fokus penurunan Stanting, Cegah Stunting itu Penting

 


Lampung Timur- Dalam upaya menggabungkan dan mengintegrasikan berbagai sumberdaya untuk mencapai tujuan bersama dalam pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Lampung Timur,  Kamis (5/1/2022).

Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi membuka Pertemuan Lintas Program dan Lintas Sektor dalam rangka diseminasi dan publikasi data sunting tingkat Kabupaten Lampung Timur tahun 2022. Bertempat di Aula Islamic Center Sukadana. Stunting adalah salah satu bentuk malnutrisi, yang menjadi salahsatu fokus sasaran,  dari program Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 2, yaitu mengakhiri segala bentuk malnutrisi, termasuk stunting


Dalam Sambutannya Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi mengungkapkan "Dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021, tentang Percepatan Penurunan Stunting, yang didalamya memuat Strategi Nasional Percepatan Penurunan Stunting. Upaya ini sebagai kegiatan konvergensi,  sehingga memerlukan koordinasi, baik lintas program maupun lintas sektor terkait, seperti Bappeda,  Kesehatan, PMD, Sosial, Pertanian, Ketahanan pangan, Perkebunan, Perikanan, Peternakan, Kominfo, Pendidikan dan Kebudayaan, PPPA Dalduk dan KB, PUPR, PKK,

Kementrian Agama, Organisasi Masyarakat, Organisasi Profesi, Kecamatan dan Desa, 

dimana semuanya memiliki peran dan tugas masing-masing, sebagai tugas konvergensinya dalam upaya penurunan stunting di Kabupaten Lampung Timur.


Lebih lanjut dijelaskan bahwa Untuk mendukung dalam mengatasi perubahan perilaku tersebut, di Kabupaten Lampung Timur diterbitkan Surat Keputusan Bupati Lampung Timur, Nomor B.222/10-SK/2022 tentang Penetapan Pedoman Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku, Dalam Percepatan Penurunan dan Pencegahan Stunting. Dengan strategi ini, diharapkan memberikan panduan dan arahan yang jelas, serta menyediakan instrument-instrument operasional pendukung, yang disesuaikan dengan konteks lokal daerah, sehingga intervensi dapat dilaksanakan dengan lebih tepat, terarah dan memberi dampak signifikan. (*)