Irwasda Polda Lampung Terima Banyak Keluhan Masyarakat Saat Jumat Curhat di Peringsewu




Pringsewu- Irwasda Polda Lampung Kombespol Sustri Bagus Setiawan bersama Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi pada Jumat (3/2/2023) pagi menggelar program Jumat Curhat di Balai Pekon Wonodadi, Gadingrejo, Pringsewu.


Hadir dalam kegiatan tersebut ketua FKUB Pringsewu KH Mahfud Ali, ketua MUI HinHambali, Camat Gadingrejo, kepala Pekon Wonodadi, para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan puluhan masyarakat Pekon Wonodadi.


Dalam kesempatan ini, masyarakat menyampaikan beberapa permasalahan yang terjadi polemik di masyarakat diantaranya, permasalahan rumor penculikan anak, terorisme dan radikalisme hingga penyelesaian hukum suatu perkara.


Menanggapi apa yang disampaikan oleh masyarakat, Irwasda menyampaikan bahwa isu penculikan anak yang marak beredar dijejaring sosial sudah banyak tidak benar atau hoax, namun demikian ia tetap mengimbau masyarakat terutama para orang tua untuk waspada dan segera melapor kepada aparat kepolisian terdekat apabila mengetahui hal yang mencurigakan.


Selanjutnya Kombes Sustri Bagus Setiawan mengajak warga Pringsewu mewaspadai paham radikal yang mengarah pada aksi terorisme. "Paham radikal dapat memecah belah persatuan dan juga mengancam dasar ideologi Pancasila," ujarnya 


Dia menjelaskan, paham radikal yang mengarah pada terorisme dan intoleran merupakan hal bertentangan dengan ideologi Pancasila. Ditegaskan, teroris tidak selalu identik dengan agama Islam.


"Karena teroris mempunyai ideologi yang menentang Pancasila. Sehingga, yang menjadi teroris adalah orang yang terpapar dengan ideologi menentang Pancasila," katanya.


Untuk itu irwasda meminta masyarakat untuk selalu waspada dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk  membangun rasa kebersamaan dan solidaritas antar umat beragama.


"Kami juga mengajak semua pihak untuk meningkatkan kordinasi dan sinergitas serta kewaspadaan terhadap berbagai ancaman radikalisme," tuturnya. (*)