Kadis Kominfo Buka KonKonferensi-III PWI Lahat Tahun 2023

 



LAHAT - Bertempat di Hotel Bukit Serelo (BUSER) Lahat, diadakannya kegiatan Konferensi lll Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lahat tahun 2023 dengan tema " Melalui konferensi lll PWI Kabupaten Lahat Kita Wujudkan Pewarta Seganti Setungguan yang Bercahaya", Senin (20/2/2023).


Kegiatan ini dihadiri Bupati Lahat Cik Ujang, SH, yang diwakili Kadis Kominfo Lahat Rudi Darma, Ketua PWI Sumatera Selatan Dr. H. Firdaus Komar, S.Pd, M.Si beserta rombongan,  Ketua PWI Lahat Ishak Nasroni, Ketua SMSI Sumsel John Hery, Ketua SMSi Lahat, Ketua JMSI, dan segenap anggota PWI Lahat serta undangan lainnya.


Sambutan Ketua PWI Lahat Ishak Nasroni mengatakan, ia melaporkan beberapa program kegiatan PWI selama 3 tahun ini, bahwasanya disini PWI Kabupaten Lahat telah membuat beberapa program, diantaranya lomba menulis artikel bersama Polres, melakukan orientasi, perpanjangan kartu PWI, selanjutnya penambahan anggota, dari awalnya 40 sekarang sudah 60 orang anggota, telah melakukan Rakerda yang merupakan kewajiban, kemudian memberikan seragam, memberikan santunan kepada anggota PWI lahat yang kena musibah, meninggal, pernikahan, dan mendapatkan rejeki atau melahirkan serta masih banyak lagi program yang lainnya.


"Teman teman Pers sekalian pada hari ini kita melaksanakan Konfercab PWI Lahat Konferensi yang ke lll, tentunya saya selaku ketua PWI Kabupaten Lahat mengajak mari kita isi konferensi ini dengan suasana yang manis, tidak ada risuh, siapapun yang jadi ketua itu merupakan amanah. Ini sudah ada garis tangan contohnya siapa sangka dulu seorang Ishak atau yang biasa disapa Ujang sekolah SMA sudah becak bisa menjadi sebagai ketua PWI tingkat Kabupaten artinya ini sudah ada garis tangan masing-masing Individu, marilah kita kompak dan menjaga ketertiban semoga selama pemilihan dan  pengumuman hasilnya nanti berjalan dengan lancar dan sukses," ungkapnya.


Dalam sambutan Ketua PWI Sumsel Dr. H. Firdaus mengatakan, ia sangat bersyukur secara volume keanggotaan PWI Kabupaten Lahat sudah ada penambahan anggota, ditengah konferensi saat ini beberapa hari yang lalu memperingati hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Kota Medan Sumatera Utara, alhamdulillah puncak HPN dihadiri oleh Presiden, adapun temanya yaitu Pers bebas demokrasi bermartabat.


"Sehubungan dengan tema tersebut, sebentar lagi Kita akan menggelar pemilu tahun 2024, artinya bagaimana arti dari posisi wartawan untuk memasuki tahun pemilu, secara Pers harus berada dalam semua golongan, harus bertegak lurus, kita harus profesional dalam memproduksi karya dalam penulisan berita, posisi kita sangat penting dan strategis untuk mensukseskan pemilu tahun 2024, Pers saat ini diminta untuk memberikan informasi pada publik, ekosistem Pers memberikan ruang sangat berat bagi kita Karena media sosial sangat cepat. Maka, Pers sekarang berfungsi untuk mengalirkan atau membersihkan informasi yang Hoax melalui media sosial ini, ini merupakan fungsi Pers saat ini," ujarnya.


Dilanjutkan Dr. H. Firdaus mekanisme pemilihan Konfercab PWI Lahat hari ini merupakan hanya cara untuk menentukan ketua, selanjutnya tetap pada tugas dan profesi sebagai Pers di medianya yang profesional.


"Ada tiga hal untuk menjadi sebagai ketua yang pertama harus bisa menghibahkan waktu yang kita punya, resosis sumber daya yang kita punya, ide atau narasi. Tugas kita adalah di media kita untuk melaksanakan tugas Pers, organisasi ini sebagai bonus tempat wadah bagi kita untuk memajukan sebuah organisasi bukan suatu hal yang mementingkan urusan pribadi, semoga Konferensi berjalan lancar dan sukses kepada Bapak Bupati yang mewakili agar berkenan membuka Konferensi ini secara resmi," ungkapnya.


Sementara itu, Bupati Lahat Cik Ujang dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Lahat yang tidak bisa hadir dalam acara konferensi PWI ini, dikarenakan beliau ada juga Kegiatan yang bersamaan dengan acara ini. 


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Lahat kami mengucapkan selamat ulang tahun PWI ke-78 dan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023. Semoga Pers semakin Solid dan semangat berkarya bagi insan Pers, dan kami juga mengucapkan selamat atas gelar S3 Ketua PWI Sumsel Dr. H. Firdaus S.Pd, M.Si. Selanjutnya saya berharap agar ketua PWI yang terpilih nantinya untuk dapat membuat terobosan baru dan memperkuat Visi dan Misi sasaran dunia Pers dalam mengembangkan Profesionalitas serta martabat insan Pers yang terukur, terencana dan komprehensif," ujarnya.

Ketua PWI yang terpilih nantinya dapat berkomunikasi dengan baik antara PWI dengan pemerintah dan antara PWI dengan masyarakat dapat mengembangkan dunia Pers di Kabupaten Lahat. 

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Konferensi ke lll PWI Kabupaten Lahat secara resmi saya buka," pungkasnya. (Ganda)