Kapolres Tubaba Terima Audiensi Pengurus DPC Apdesi Tulang Bawang Barat, ini Arahannya

 


Tulang Bawang Barat--- Kapolres Tulang Bawang Barat Polda Lampung AKBP Ndaru Istimawan, S. I. K bersama Waka Polres Tulang Bawang Barat Kompol Heru Sulistyananto, S.H, M.H, Terima kunjungan Audiensi Pengurus DPC Apdesi (Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia) Lampung Cabang Tulang Bawang Barat di ruangan Vicon Polres Tulang Bawang Barat. Rabu (8/2/2023).


Pada kesempatan ini, ketua Apdesi Lampung Cabang Tulang Bawang Barat Hendrawan, S.H mengatakan bahwa, kami dari tiyuh ini ingin mendengarkan wejangan serta petunjuk dari Kapolres Tulang Bawang Barat sehingga kami bawa pengurus Apdesi untuk bersilaturahmi.


“Ditiyuh adalah wilayah paling bawah dan ketika ada kejadian – kejadian yang terjadi maka kepala tiyuh selalu dilibatkan dalam hal sekecil apapun itu. Sehingga kami datang di Polres ini untuk bersilaturahmi dan berkoordinasi”, Ujar ketua Apdesi.


Ada bebera point yang dibahas dalam acara Audensi yang disampaikan oleh perwakilan Anggota APDSI diantara permasalahan sengketa lahan PT.BMM dengan sdr. Budi Cs dan kegiatan masyarakat yang mengadakan hajatan.


Sementara Kapolres Tulang Bawang Barat AKBP Ndaru Istimawan, S. I. K mengatakan bahwa, ada 4 Pilar yang selalu kami kedepankan untuk menekan konflik-konflik sosial.


“Bhabinkamtibmas, Babinsa, Tokoh agama, Serta Kepala Tiyuh dan Lurah yang harus selalu berkoordinasi agar tidak ada sampai menyebabkan korban jiwa”, Ucap Kapolres.


Selanjutnya Kapolres menjelaskan ada beberapa hal yang harus mesti di antisipasi Kepada Para Kepala Tiyuh Untuk Bisa Menjaga Situasi Kamtibmas di Wilayah Tiyuhnya Masing-masing dengan Membuat Inovasi  Agar Sitkamtibmas Bisa Tetap Kondusif dan Giatkan lagi untuk Pos Kamling / Pos Ronda sedangkan Terkait Masalah Potensi Konflik yang Mayoritas Masalah Lahan / Tanah Agar Selalu di Monitor seperti di Wilayah Pagar Dewa Proses Mediasi Antara PT BMM dengan Budi Cs masih Berjalan.


Lebih lanjut kapolres juga menghimbau kepada para kepalo tiyuh sehungan dengan Mendekati Tahun Politik Agar Bisa Terjaga Sitkamtibmas.


Menindak lanjuti Adanya Keluhan Warga Masyarakat di Tiyuh Bujung Dewa Kec Pagar Dewa Terkait Lokasi yang jauh dengan wilayah Hukum Polsek Tulang Bawang Tengah, Sehingga warga meminta adanya Kemudahan dalam Pengajuan Ijin Keramaian dan lain- lainnya agar bisa dibuatkan di Polsek Lambu Kibang yang Aksesnya lebih dekat dengan Pagar Dewa.


Terkait hiburan saat Hajatan kami dari Polri akan berkoordinasi dan akan dibahas di Tingkat Kabupaten dengan Melibatkan Forkopimda, dan Juga akan dibahas Perda Miras Untuk Kabupaten Tulang Bawang Barat.


Dengan ini Kapolres mengajak kepada seluruh perwakilan Apdesi yang hadir untuk bersinergi bersama-sama.


Terakhir, Kapolres Tulang Bawang Barat mengatakan menghimbau kepada para kepalo tiyuh sehubungan dengan mendekati tahun Politik agar bisa terjaga Sitkamtibmas jangan sampai menyebabkan mobilisasi massa yang berpotensi menyebabkan gangguan kamtibmas.


"Dengan ini Kapolres mengajak kepada seluruh perwakilan Apdesi yang hadir untuk bersinergi bersama-sama untuk selalu menjaga kondusifitas dari bawa mulai dari wilayah bawah”, Harapnya. (Sdr.Noven/humas_tubaba).