Pemkot Metro Bersama Kompasion Gelar Kreatifitas Fashion Say Waway



Metro (gerbangindonesia88.com) - Pemerintah Kota Metro bersama KOMPASION (Komunitas Pegiat Fashion Kota Metro) menggelar kreatifitas fashion SAY WAWAY (SAY no Waste is our WAY) di Bumi Perkemahan Sumbersari Metro Selatan, pada Sabtu Malam (18/02/2023)


Acara yang digagas oleh KOMPASION ini setidaknya melibatkan 5 sektor Ekonomi Kreatif, yang juga merupakan bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan wujud kepedulian komunitas kreatif kota terhadap isu pelestarian lingkungan hidup.


Kali ini KOMPASION mengangkat tema Metromorfosa yang melambangkan perjalanan sejarah Kota Metro, dimana keragaman suku, adat, dan budaya warganya telah menjadi modal sosial pentingnya untuk bertransformasi menjadi kota kreatif, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan jaman,” katanya.


“Metromorfosa juga berasosiasi dengan kata metamorfosa –proses alamiah yang terjadi pada kupu-kupu. Hal ini dimaksudkan untuk ikut mensosialisasikan “Leluwak Tehambur” (Kupu-Kupu Beterbangan) yang ditetapkan sebagai ikon wastra khas Kota Metro pada bulan Desember 2022” jelasnya.



Sebelum sambutan, Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, menyerahkan SAY WAWAY Award 2023 kepada perempuan pegiat Pemberdayaan Komunitas Difabel yang telah berkontribusi besar mendampingi dan memandirikan anak-anak berkebutuhan khusus.


“Ini adalah momentum dimana Kota Metro dapat menyelenggarakan acara Say Waway Metro, yang dimana menjadi bukti bahwa masyarakat Metro, khususnya para pengiat fashion dapat mengeluarkan karyanya. Bukan hanya dari Metro saja tapi juga dari luar Kota Metro,” kata Wahdi.


Lanjutnya, ia juga berharap acara seperti akan diadakan setiap tahunnya, bahkan menjadi agenda rutin. Hal ini juga menjadi bukti bahwa SDM Kota Metro dapat bersaing dalam negeri, bahkan Internasional.



“Saya apresiasi setinggi tingginya, walaupun gerimis, para model peraga busana tetap menunjukkan profesionalisme mereka dengan memberikan yang terbaik. Acara ini sangat luar biasa dengan masyarakat sangat antusias. Semoga acara seperti dapat menjadi penyemangat para desainer muda dan dapat menuangkan ide-idenya,” ucap Wahdi.


Puncak perayaan kreatifitas fashion SAW WAWAY 2023 adalah peragaan busana (fashion show) dalam format pementasan teater oleh Sanggar Satu Kata.


Ketua Dekranasda Kota Metro,  dr. Silfia Naharani Wahdi dan 5 anggota KOMPASION ambil bagian dalam peran penyampai prolog dan dialog pentas teater. Rekan komunitas difabel ikut ambil bagian dalam pementasan teater serta peraga busana sekaligus sebagai penyampai pesan kebersamaan pemerintah dan warga untuk mewujudkan Metro sebagai kota inklusi.


Fashion show kali ini menampilkan 85 busana hasil karya 12 fashion designer masing-masing 5 desainer KOMPASION, 4 desainer tamu, dan 3 desainer dari Sekolah Menengah Kejuruan. Hasil karya para desainer diperagakan oleh 85 model siswa/siswi perguruan tinggi, SMA, SMK, dan SLB dengan tata rias wajah oleh 51 Make-up Artist anggota komunitas MuA yang ada di Kota Metro.


“Fashion show dan seluruh gelaran acara didokumentasikan dalam bentuk foto dan video oleh 15 photografer anggota Komunitas Metro Photography. Keterlibatan berbagai elemen dalam gelaran Say Waway merupakan bentuk kerja kolaborasi komunitas kreatif Kota Metro antara lain Women and Environment Studies (WES-Payungi), Persatuan Komunitas Disabilitas Lampung (PKD), Metro Photography, Komunitas Mak-up Artist Harpi Melati dan Katalia, Komunitas Event Organizer dan Influencer, serta aktor pegiat seni budaya,” jelas Jan Ayu.


Diakhir acara, Peraga Busana, Anjar Novitasari berharap kedepannya dengan dukungan Pemerintah Kota Metro, acara ini dapat menjadi acara Nasional bahkan Internasional.


Turut hadir dalam acara ini Wakil Walikota Metro, perwakilan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung, jajaran Dekranasda Kabupaten/Kota di wilayah Propinsi Lampung, Anggota Forkopimda, Kepala OPD se – Kota Metro serta tokoh dan pegiat seni budaya. (Fakhri)