Peringati HPN 2023, PWI Lahat Helat Doa Bersama dan Baksos

 


LAHAT - Dalam rangka memeringati dan memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023, hari ini, Jumat (17/2/23), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lahat Sumatera Selatan menggelar tasyakuran dan doa bersama di Sekretariat PWI Lahat di Jalan Beringin Block C nomor 27, Kelurahan Bandar Jaya, Kecamatan Lahat.


Kegiatan yang juga dirangkum dalam rangka mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 PWI ini, dihadiri Ketua PWI Lahat, Ishak Nasroni, Sekretaris Diansyah Putra, S. Pd, Bendahara Lili Hartati serta para Wakil Ketua dan juga Anggota PWI Lahat lainnya.


Dalam sambutannya, Ketua PWI Lahat Ishak Nasoroni menyampaikan, bahwa HPN yang mengangkat tema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat itu merupakan momentum untuk memperbaiki diri bagi seluruh Insan Pers, dimana memasuki tahun politik. HPN yang digelar hari ini, menurut pria yang akrab disapa Ujang ini, merupakan suatu wujud dukungan PWI Lahat terhadap Program PWI Sumatera Selatan.


“Tema Pers Bebas Demokrasi Bermartabat, dalam posisi tahun politik ini, pers harus dalam posisi yang netral dan independen, namun memang secara individu wartawan juga adalah warga negara yang punya hak politik. Sedangkan untuk pengertian Pers Demokrasi Bebas Bermartabat, kita maknai bahwa tugas jurnalistik harus dijalankan dengan kejujuran, keadilan dan kebenaran.


Ishak Nasroni juga kembali mengingatkan kembali tagline ‘Wartawan Benar, Benar Wartawan’ agar menjadi pedoman wartawan kepada seluruh insan pers yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Filosofinya wartawan benar adalah wartawan yang sudah terdata atau tersertifikasi di Dewan Pers melalui Uji Kompetensi.


"Adapun benar wartawan adalah dari prodak dan karyanya berdasarkan kebenaran, karena tugas wartawan adalah mengawal kebenaran, dan berpihak pada kebenaran,” terang dia.


Senada, Sekretaris PWI Lahat Diansyah Putra juga mengucapkan rasa syukur dan berterimakasih kepada seluruh insan pers yang bertugas di Bumi Seganti Setungguan yang selama ini sudah bersama-sama mengawal berbagai program Pemkab Lahat.


“Termasuk selama masa pandemi, bersama-sama mengatur ritme tetap memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tidak cepat putus asa, dan terus memberikan optimisme masa depan yang saat ini (disebut-sebut) masuk resesi,” ucap Dian.


Dian menambahkan, pers bisa mengawal dan memberikan motivasi pada masyarakat serta melalui berita-berita yang baik dan benar sesuai fakta. Beberapa waktu ke depan, ada momentum tahun politik. Dalam hal ini pers hadir dan dapat mengawal proses demokrasi menuju Pemilu 2024  sehingga dapat menghasilkan para pemimpin di tingkat nasional, maupun ditingkat daerah sesuai harapan masyarakat.


"Ke depan, mudah-mudahan insan pers yang tergabung di PWI Lahat bisa memberikan kesejukan dengan berita positif,” kata Dian.


Kemudian Dian membuka acara tersebut dengan Ummul Kitab yang dilanjutkan dengan do'a bersama yang dipimpin Ustadz Zainal. Selanjutnya, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Ketua PWI Lahat didampingi pengurus PWI lainnya yang dibagikan pada anggota yang hadir.


Tak sampai di situ. Usai menggelar acara di markasnya, Pengurus PWI Lahat mengakhiri kegiatan ini dengan Bhakti Sosial (Baksos) mengunjungi serta memberikan beberapa paket Sembako ke Panti Asuhan Putri Sakinah di Jalan Marzuki Talang Jawa Utara, Kecamatan Lahat. (**)