Tiyuh Gunung Katun Berinovasi Kembangkan Program K3-1W




TULANGBAWANG BARAT–Tiyuh (Desa) Gunung Katun Tanjungan, Kecamatan Tulang Bawang Udik (TBU), Kabupaten Tulangbawang Barat Lampung, terus berinovasi mengembangkan Program  Kandang, Kebun, Kolam dan Wisata (K3-1W) di Wilayahnya.


"K3-1W ini merupakan  program Provinsi dan Daerah yang akan selalu kita kembangkan di Tiyuh Gunung Katun Tanjungan," Ungkap Kepala Tiyuh, Laili, saat dikonfirmasi, Rabu (15/2/2023).


Menurut nya, selain membangun jembatan dan jalan usaha tani melalui Anggaran Dana Desa sebesar 20 persen, Tiyuh Gunung Katun Tanjungan juga  membuat kolam lele dan menanam sayuran.


"Sejak tahun 2022 lalu setelah ditetapkannya peraturan Anggaran Dana Desa (DD) diperuntukkan untuk ketahanan pangan dengan besaran anggaran 20 persen, Tiyuh Gunung Katun Tanjungan mencoba berinovasi untuk  mengelola Kebun sayuran dengan membudidayakan tanaman terong, tomat, timun dan kacang panjang bersama aparatur Tiyuh dan para ibu-ibu PKK. Ya Alhamdulillah berhasil berkembang hingga saat ini," ujarnya 


Lanjutnya, pada Tahun 2023 ini pihaknya akan terus berupaya mengembangkan lagi program K3 -1W  Dengan cara memberikan bantuan  terhadap warganya berupa bibit serta  pupuk secara gratis.


"Tahun ini kita wajibkan agar setiap warga Gunung Katun Tanjungan, dapat menanam sayuran seperti terong, rampai, timun dan cabai di pekarangan rumah masing-masing, yang bibitnya kita berikan secara gratis dengan menggunakan Anggaran Dana Desa. Tujuan nya adalah di samping mencukupi kebutuhan sehari-hari kita harapkan dapat meningkat penghasilan ekonomi masyarakat itu sendiri nantinya," ucapnya 


Laili juga menambahkan, saat ini dari hasil panen kebun PKK tersebut  telah terjual ke keluar daerah.


"Dari Jakarta sering pesan, satu Minggu sekali kita lakukan pengirimannya, kalau untuk wilayah Tubaba memang sudah banyak rumah makan yang memang telah menjadi langganan kita," terangnya.


Untuk itu  Laili  mengajak  kepada seluruh warganya  agar dapat terus mengembangkan program K3 -1W ini di Wilayah Tiyuh Gunung Katun Tanjungan. 


"Saya berharap kedepannya Tiyuh Gunung Katun Tanjungan selain mendukung program pemerintah , warga juga dapat berkembang ekonomi nya melalui berkebun sayuran,"imbuhnya. (Istamar)