Baru Dibangun Badan Jalan Jembatan Way Kunang Sudah Amblas Lagi

Badan Jalan Jembatan Way Kunang yang Amblas


Lampung Utara (Gerbangindonesia88.com)- Bandan jembatan Jalan Lintas Tengah Sumatera Kilometer 119 Km- 228 Km di  desa Keagungan Raya,  Abung Kunang,  Lampung Utara, mengalami rusak parah dan  amblas, Minggu ( 26/3/2023).  


Akibatnya kendaraan yang hendak melintas harus ektra hati-hati ketika pengendara  hendak melintas badan jalan tersebut .


Menyikapi kerusakan badan jalan jembatan tersebut mejadi pertanyaan masyarakat dan hal disampaikan oleh Suherman (50) warga sekitar mengatakan dirinya  mempertanyakan kualitas pembagunan badan jalan  jembatan dari pihak rekanan pemenang tender puluhan milyar tersebut, yang baru selesai dibangun kini mengalami rusak parah hingga amblas. 


"


"Kondisi badan jalan jembatan rusak parah dan amblas hingga  tidak bisa dilintasi kendaraan. Padahal, jembatan ini, baru beberapa bulan selesai dibangun,"ujarnya. 



Dia juga mengatakan dalam  pembangunannya, pihak rekanan tidak mencermati pada saat melakukan pemadatan bandan jalan yang akan dilintasi kendaraan. Sehingga, cukup rentan terjadi badan jalan yang turun atau amblas.


"Sekarang hasilnya. Kan jalan itu udah Amblas. Padahal baru seumur jagung. Kalau sudah seperti ini, pasti yang rugi masyarakat, bukan para pejabat, atau rekanan,"katanya.


Hal senada dikatakan Wawan (34),  salah seorang pengendara sepeda motor  kondisi jalan berada di jembatan ini memang sering terjadi kerusakan badan jalan.


Terlebih jembatan yang lama. Sering terjadi kerusakan, meski sering adanya perbaikan. Menurutnya bandan jembatan cukup rentan terjadinya kerusakan atau amblas, hal itu akibat pembangunan badan jalan yang yang dinilai yang kurang baik.



"Kondisi badan jalan jembatan tersebut  baru selesai di bangun memakai anggaran APBN 2022, sekarang udah rusak lagi,"terangnya yang kerap melintasi jalan tersebut.



Dirinya  mengharapkan adanya perbaikan segera di badan jembatan mengalami amblas tersebut. Sebab, saat ini akan menghadapi Lebaran Idul Fitri yang tentunya jalan dalam kondisi yang baik.


"Tidak lama lagi lembaran, pasti banyak kendaraan pemudik akan melintasi jembatan ini. Harapan dapat segera diperbaiki," kata dia kembali.


Diketahui Jembatan jalan Lintas Tengah Sumatera desa Keagungan Raya,  Abung Kunang, Lampung Utara memiliki diameter  panjang jembatan 45,80 meter. Sementara untuk jenis pondasi atau kepala jembatan memakai Bore Piler dan tipe bangun atas GPI tersebut, di bangun pada 2022 lalu, yang diresmikan sekitar bulan Desember 2022 menggunakan anggaran APBN. (Tim GA)


Editor: Shanti