Dinas Perkebunan Lahat Salurkan Bantuan Bibit Kopi dan Bibit Vanili di Kecamatan Jarai Area

 


LAHAT (Gerbangindonesia88.com) - Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Perkebunan melaksanakan  Ceremonial bantuan bibit Kopi dan Bibit Vanili di Desa Nanti Giri Kecamatan Jarai, Senin (13/3/2023).


Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, SE, MM, Ketua GOW Hj. Sumiati Haryanto, Kepala Dinas Perkebunan Vivi Anggraini, S.STP, M.Si, Perwakilan BPN, Perwakilan Bank Sumsel Babel, segenap jajaran OPD, Camat Jarai, Camat Suka Merindu, Muara Payang, Pajar Bulan, para Kepala Desa Se-Kecamatan Jarai Area, Kapolsek, Dandramil, para petani Kopi dan Vanili, dan undangan lainnya.


Dalam laporan Kepala Dinas Perkebunan Vivi Anggraini menyampaikan, kegiatan ceremonial bantuan bibit Kopi dan bibit Vanili ini guna meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani sekaligus meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat di Kabupaten Lahat.


"Maka dinas Perkebunan Kabupaten Lahat melaksanakan kegiatan bantuan bibit Kopi sebanyak 121.000 bibit kepada 11 kelompok tani dan bibit Vanili sebanyak 5.550 bibit kepada 3 kelompok tani yang bersumber dari dana APBD murni Kabupaten Lahat tahun anggaran 2023. Mengingat potensi pengembangan luas areal maupun peremajaan tanaman perkebunan di Kabupaten Lahat sangat besar, sehingga perlu adanya campur tangan Pemerintah untuk mendampingi para petani pekebun yang ada di Kabupaten Lahat, tentu saja apa yang kami rencanakan tersebut belum sempurna untuk menjawab permasalahan dan tantangan yang ada, untuk itu kami sangat mengharapkan dukungan dan masukan dari Bupati Lahat dan Wakil Bupati dalam rangka mewujudkan petani sejahtera "terangnya.


Wakil Bupati Lahat H. Haryanto mengucapkan, terimakasih atas dukungan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Kabupaten Lahat, dirinya berharap pembangunan di sektor perkebunan khususnya budidaya tanaman kopi dan vanili akan lebih baik dan sukses.


"Saya berharap bantuan ini dapat mendukung pemulihan ekonomi yang kuat di masyarakat Kabupaten Lahat menuju produksi dan produktivitas meningkat, menuju petani sejahtera, Lahat semakin Bercahaya.


Ditambahkan H. Haryanto, kegiatan ini khususnya di bidang perkebunan akan terus ditingkatkan, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Lahat terhadap para petani sebagai pelaku utama pembangunan sektor perkebunan, maka Sinergi antara Pemerintah Kabupaten Lahat dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Pemerintah Pusat melalui kementerian pertanian perlu dipererat agar program program unggulan pada bidang perkebunan dapat masuk di Kabupaten Lahat.


"Kepada seluruh anggota kelompok tani yang telah mendapat Fasilitas pemberian manfaat dari Pemerintah dapat dimanfaatkan secara maksimal sesuai dengan peruntukannya", Imbuhnya. (Ganda)