Musrenbang, Kota Metro Tahun 2023 Ketua DPRD sampaikan Isu Strategis Pembangunan Daerah



Metro (gerbangindonesia88.com) - Pemerintah Kota Metro (Pemkot) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai, Rabu (8/3/2023)


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kota Metro, Tondi Muammar Gaddafi Nasution dihadapan Hadirin musrenbang itu menyampaikan sambutan ,terkait isu strategis pembangunan daerah Kota Metro.


Ketua DPRD, Tondi mengatakan "semoga Kehadiran  hadirin pada Musrenbang itu,   semoga menjadi sumbangsih dalam menyelenggarakan pembangunan, meningkatkan Pelayanan Publik,dan meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Kota Metro Yang Sama Sama kita cintai," tuturnya.


"Pokir yang disampaikan merupakan inventarisasi seluruh Anggota DPRD Metro terkait Pembangunan ,di Kota Metro yang kami mulai dari 3tahapan yaitu Rapat,secara serentak,Aspirasi yang didapat dari Masyarakat atau aspirasi yang disampaikan kepada kami dan juga ,aspirasi yang diserap melalui Reses," ujarnya.



"Kami harapkan Pokir DPRD dapat dijadikan program rumusan Organisasi perangkat daerah sekota metro dalam program pembangunan 2024 mendatang," harapnya.


 Diantaranya isu strategis pembangunan itu adalah,peningkatan pembangunan jalan dan jembatan serta pemeliharaan jalan dan jembatan, serta untuk meningkatkan kondisi jalan yang Mantap di Kota Metro. 


Peningkatan dan Penataan Drainase perkotaan yang terintegrasi dari hulu ke hilir untuk meminimalisir banjir dan kerusakan.

Koordinasi yang lebih intensif dan pengawasan pemanfaatan tata ruang sesuai dengan RT, RW.


Pemerintah daerah perlu terus memberikan dukungan baik,dalam bentuk binaan maupun penambahan fasilitas,yang ada sehingga geliat perekonomian masyarakat akan meningkat lagi .


Pemberian bantuan Rehabilitasi,dan fasilitas Rumah ibadah agar kiranya dapat ditingkatkan lagi pada tahun 2024 yang akan datang.


Pemberian insentif untuk kaum dan guru ngaji agar lebih ditingkatkan lagi terkait validasi dan perapihan data  penerima bantuan sesuai dengan data Riil dimasyarakat melalui koordinasi dengan pemerintah pusat.


Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menjelaskan pada Musrenbang ini juga membahas tentang pembangunan di tahun 2024, dan mengedepankan apa yang semestinya menjadi prioritas utama.

"Alhamdulillah ya, Musrenbang kota 2023, kita bicara di pembangunan 2024, jadi kita mendengar apa yang menjadi aspirasi, aspiratif yang bersifat tekhnokratif, disampaikan  masyarakat, kemudian apa yang menjadi prioritas dan mana yang skala Prioritasnya," ungkapnya.


Apa tema yang ada di kelurahan kemudian disesuaikan juga Program Visi misi yang ada RPJ 2021-2026,


"Kemudian waktu semakin pendek karena ini adalah akhir kalau kita lihat  bahwa 2024 pemerintahan baru," ujarnya.



"Maka di 2023 ini kita di infrastruktur penguatan, maka sekali lagi mohon pendampingan teman -teman media, baik itu penguatan infrastruktur mulai dari jalan, drainase terpadu, pengolahan, tata kelola kota, kota harus jadi bagus  di 2024 mudah mudahan tersambung antara 2023-2024," jelasnya.


"Terkait anggaran pembangunan infrastruktur jalan kurang lebih 50M kalau untuk lengkap dan jelasnya silahkan tanya Ke OPD. Tentunya ada infrastruktur lainnya ada drainase ,dan ada beberapa kelurahan yang juga kita perhatikan lainnya pendidikan , kesehatan 2023.harus selesai infrastruktur nggak boleh melenceng kemana mana.mohon dukungan nya doa bersama kalau melihat tadi Makro  unggul, angka kemiskinannya rendah,"  pungkasnya.



Hadir pada Musrenbang Kota Metro itu Kepala BAPPEDA  Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, para Kepala OPD/SKPD daerah Metro Forkopimda,TNI-POLRI -KEJARI, para Camat, Kepala Kelurahan, Ketua RW/RT   hadirin tamu undangan. (Fakhri)