Pemkab Lambar Gelar Seleksi Calon Paskibraka HUT RI Ke-78



Lampung Barat (Gerbangindonesia88.com) - Dalam rangka menyambut pelaksanaan upacara hari ulang tahun ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar seleksi penerimaan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). 


Kendati pelaksanaan upacara hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia masih akan berlangsung sekitar lima bulan ke depan, namun Badan Kesbangpol lebih awal mempersiapkan Paskibraka dengan tujuan mematangkan persiapan. 


Acara berlangsung di Gor Ajisaka Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas Kecamatan Balik Bukit, Kamis (16/3) dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama serta dihadiri Kepala Badan Kesbangpol Burlianto Eka Putra, Perwakilan Polres dan Kodim 0422 LB. 


Dalam penyampaiannya, Adi Utama, menjelaskan seleksi pembentukan Paskibraka tingkat Kabupaten Lampung Barat tahun 2023 tersebut bertujuan untuk membentuk Pasukan.


"Yang nantinya akan bertugas sebagai pengibar duplikat bendera pusaka pada peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Lampung Barat di bulan Agustus mendatang," Jelasnya. 



Pada kesempatan itu, Sekda Lampung Barat pun berharap kepada peserta dalam mengikuti kompetisi tersebut agar bersungguh-sungguh dan serius sehingga dapat menampilkan performa yang terbaik dalam setiap tahapan. 


"Saya berharap adik-adik yang mengikuti seleksi pembentukan Paskibraka dapat mengikuti seluruh rangkaian dengan serius dan penuh suka cita. Jangan jadikan suatu beban sehingga dapat menjadi suatu penghalang dalam memunculkan bakat dan performa terbaik karena momen seperti ini tidak setiap saat bisa diikuti," Terangnya. 


Selain itu, dirinya berpesan kepada peserta yang nantinya berhasil lolos dalam seleksi agar jangan pernah merasa puas dan tinggi hati, sebab menurutnya, menjadi anggota Paskibraka memiliki tanggung jawab moral yang menjadi contoh bagi siswa-siswi ke depannya. 

 

"Dan bagi adik-adik yang belum berhasil lolos dalam seleksi jangan merasa rendah diri, sebab masih banyak peluang untuk menjadi yang terbaik," Ucap Adi Utama. 


Diketahui, tercatat sebanyak 206 pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Lampung Barat yang mengikuti seleksi penerimaan anggota Paskibraka yang nantinya akan di pilih sebanyak 50 orang, 26 pria dan 24 wanita. 


Proses seleksi akan dilakukan selama dua hari yaitu pada Kamis hingga Jumat 16-17 Maret 2023 di pusatkan di GOR Ajisaka Kawasan Sekuting Terpadu. 


Untuk tahapan seleksi hari pertama di fokuskan pada tes seleksi parade, tes pengetahuan pancasila dan wawasan kebangsaan serta tes intelegensi umum dengan model seleksi berbasis online menggunakan aplikasi perisai Paskibraka Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia. 


Kemudian pada hari kedua tahapan seleksi yang akan dilakukan meliputi tes kemampuan Peraturan Baris Berbaris (PBB), tes kesamaptaan serta tes kepribadian. 


Kemudian ke depannya dari 50 orang tersebut akan di seleksi kembali untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 78. (Mr.Dayat)