132 Pendaftar Anggota Polri Ikuti Pemeriksaan Administrasi Awal di Polres Pringsewu

 


Pringsewu - Seleksi Terpadu Calon Anggota Polri Tahun 2023, khususnya Bintara dan Tamtama kini memasuk tahapan seleksi Pemeriksaan Administrasi (Rikmin) Awal. Ini merupakan tahap kedua setelah para peserta seleksi mendaftar dan telah terverifikasi.

Kegiatan Rikmin awal ini dibuka langsung oleh Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya di aula Mapolres Setempat pada Jumat pagi (28/04/2023).

Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya mengatakan, Rikmin awal ini dilaksanakan selama 3 hari mulai 28-30 April 2023 dan di ikuti 132 peserta yang terdiri dari 125 pendaftar Bintara Polri dan 7 pendaftar Tamtama Polri.

"Adapun rinciannya Bintara PTU 109 orang, Bintara Brimob 14 orang, Bintara Kompetensi khusus 2 orang dan Tamtama Brimob 7 orang," bebernya.

Pada tahapan ini, ungkap Benny, para peserta akan dilakukan pengecekan kesehatan, ukur tinggi, berat badan, dan pemeriksaan berkas-berkas ijazah pendidik pendidikan. Mulai dari berkas SD, SMP, dan SMA dilakukan pengecekan nilai pendidikan.

Demi menjamin transparansi, lanjut Kapolres, Polres Pringsewu melibatkan pengawas Internal dan Eksternal dari Cabdin, Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

“Apabila peserta dinyatakan memenuhi syarat maka dapat melanjutkan rangkaian tes berikutnya di Polda Lampung, sementara yang tidak memenuhi persyaratan maka akan dinyatakan gugur, ” ucapnya

Kapolres menegaskan bahwa pendaftaran masuk sebagai anggota korps bhayangkara gratis. Oleh karena itu dirinya mengimbau kepada para peserta Rikmin agar tidak mudah percaya dengan para oknum atau calo yang tidak bertanggungjawab.

"Kami pastikan bahwa penerimaan anggota Polri ini bersih, transparan dan tidak dipungut biaya. Jadi, jangan percaya jika ada oknum yang mengaku bisa meloloskan menjadi anggota Polri," pungkasnya. (*)