Pemkab Lambar Tandatangani MOU dengan MKKS SMA/SMK dan Kwarcab Pramuka



Lampung Barat (Gerbangindonesia88.com),-Dalam rangka mendongkrak dan meningkatkan frekuensi kegiatan untuk memajukan dunia perkopian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melalui UPT Sekolah Kopi di bawah naungan dinas perkebunan dan peternakan Lampung Barat melakukan penandatanganan kerjasama dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Lampung Barat, Selasa (4/4/23) sore.


Penandatanganan kerjasama tersebut berlangsung di UPT Sekolah Kopi yang berada di Pekon Sukajaya, Kecamatan Sumberjaya dan disaksikan langsung oleh Pj. Bupati Lampung Barat, Drs. Nukman serta dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah Lampung Barat, Camat, Kepala Sekolah dan para pengurus Pramuka Lampung Barat.



Di moment tersebut, Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman,MM mengatakan, sekolah kopi Lampung Barat merupakan sarana agro eduwisata yaitu wisata berbasis pendidikan komoditas kopi, kita semua bisa belajar budidaya kopi, penanganan pasca panen, pengolahan dan kelas barista.


Sementara sarana prasarana yang tersedia disekolah kopi Lampung Barat antara lain terdapat gedung, kebun percontohan, kedai kopi, gazebo, guest house serta area parkiran dan area untuk outbond. 


Kesepakatan bersama ini adalah untuk melaksanakan kerja sama yang bertujuan untuk memberikan wadah dalam mengembangkan minat bakat serta pengetahuan tentang komoditas kopi. Mengingat, Lampung Barat adalah salah satu wilayah penghasil kopi terbesar untuk komoditas kopi robusta.


"Dengan adanya pendatanganan kesepakatan antara Sekolah Kopi dengan MKKS SMA/SMK dan Kwartir Cabang Pramuka Lampung Barat akan meningkatkan frekuensi kegiatan yang dapat dilaksanakan di Sekolah Kopi," ucapnya.


Nukman pun meminta kepada kepala organisasi perangkat daerah terkait, agar dapat mengambil peran sesuai tugas pokok dan fungsi organisasi perangkat daerah masing-masing sehingga kedepannya sekolah kopi lebih maju. 


"Di bawah koordinasi kepala dinas perkebunan dan peternakan saya berharap kepala UPT Sekolah Kopi agar terus melakukan inovasi serta terobosan dan bersinergi dengan berbagai pihak/mitra untuk meningkatkan jumlah kegiatan serta sarana prasarana yang ada disekolah kopi," kata Nukman.


Nukman juga berharap agar semua pihak yang telah menandatangani kerjasama tersebut dapat berkomitmen teguh melaksanakan hak dan kewajiban masing-masing pihak.


"Saya menyampaikan apresiasi kepada pihak MKKS SMA/SMK dan Kwarcab Pramuka Lampung Barat yang telah bersedia ikut memajukan upaya pengembangan kopi robusta Lampung Barat," pungkasnya. (Agus)