Membuat Citra Buruk Pendidikan Sebaiknya Kepsek SMPN 1 Pagaralam Dicopot

 


 

Pagaralam, Sumatera Selatan (Gerbangindonesia88.com) - Penerimaan Siswa Baru di SMPN1 Pagaralam yang diduga banyak siswa titipan dan hal tersebut telah di konfirmasi dan dibenarkan Nasip Kasyanto selaku Kepala Sekolah SMPN1 Pagaralam pada Jum'at 19-05-2023 kemarin.

Terkait hal titipan itu panitia penerimaan siswa baru menghindar dari konfirmasi awak media dan wali calon siswa, Sabtu (20/05/2023).

Diketahui sebelumnya untuk penerimaan siswa baru di SMPN 1 Pagaralam melalui tahap test akademik memakai sistem CAT, termasuk yang mengunakan jalur zonasi, hal tersebut telah mendapatkan izin dari Kabid SMP dan Dinas Pendidikan Kota Pagaralam terang Kepala Sekolah kepada awak media dan wali murid yang datang pada Jumat (19/05/2023).

Hal tersebut disinyalir melanggar peraturan Permendikbud Pasal 12 di sana disebutkan bahwa proses PPDB jalur zonasi tidak boleh menggunakan ujian tertulis atau kemampuan akademik sesuai dengan pasal 25. 

Dari konfirmasi awak media dan wali siswa Nasip Selaku Kepsek tidak membantah hal tersebut justru membenarkan bahwa banyak siswa titipan disekolah yang ia pimpin.

"Memang disekolah ini ada yang masuk jalur titipan tapi tak semua, ada juga yang masuk murni," terang Kepsek.

Saat orang tua wali siswa mempertanyakan prihal nilai anak yang lulus maupun yang tidak lulus, Kepsek tidak mengetahui karena itu di pegang panitia penerimaan siswa baru.

"Kalu masalah nilai nilai siswa yang diterima disekolah ini saya pun belum melihat nya, itu ada pada panitia, besok saja kembali ke sekolah sabtu (20/5/2023)untuk melihat nilai siswa nya, karena para panitia sekarang tidak ada yang masuk karena ada urusan keluarga," ujarnya

Sayangnya ketika pada Sabtu (20/05/2023) pihak gabungan Wartawan/LSM maupun orang tua wali siswa yang datang kesekolah sejak pagi pukul 08:30 sampai pukul 12:30 tidak disambut baik oleh pihak sekolah, kepsek maupun panitia yang berjanji akan menemui wali siswa dan wartawan menghilang dari sekolah tampa alasan dan kabar yang jelas, ketika ditanyakan keberadaan nya semua guru tidak ada yang bisa menjawab.

"ada apa dengan kepsek dan panitia penerimaan siswa baru smpn 1 pagaralam ini, dia yang kemarin undang kami datang tapi ketika kami datang tidak ada yang bersedia menemui kami terkesan bersembunyi," kata Bakti perwakilan wali murid

Ditempat yang sama Ketua DPP LSM Lapisan Pemantau Situasi Indonesia Amid Redi mengatakan hal yang di lakukan Kepsek SMPN1 Pagaralam tidak mencerminkan janji seorang pemimpin terkesan tak menghargai profesi kontrol sosial, dan dengan gamblangnya Kepala sekolah mengakui penerimaan siswa baru banyak titipan.

Hal tersebut bisa berdampak tercorengnya dunia Pendidikan di Kota Pagaralam. “kami meminta untuk pihak pihak yang berwenang di kota pagaralam sebaiknya segera copot kepsek tersebut karena hal ini bisa merusak reputasi pendidikan di Kota Pagaralam,” ujar Amid Redi. 

"Kepada pihak terkait di Kota Pagaralam baiknya segera mencopot Kepala Sekolah SMPN 1 Pagaralam Nasip Kasyanto  karena apa yang dilakukan pihak sekolah bisa berdampak buruk untuk SMPN1 Pagaralam dan bisa merusak reputasi pendidikan di Kota Pagaralam khususnya dalam penerimaan siswa baru,"pungkasnya. (Red/Gabungan Iwo I Pagaralam)

 

Editor :Shanti