Babinsa Koramil 405-12/Lahat Bersama Camat Lahat Selatan, Berikan Himbauan Kepada Masyarakat Tentang Bahayanya Karhutla

 



LAHAT SELATAN, - Babinsa Koramil 405-12/Lahat Kodim 0405/Lahat, Sertu Nasir yang ditugaskan di Desa Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan sebagai Babinsa Desa Talang Sawah, memberikan himbauan kepada jajaran Pemerintah (Pemdes) Desa Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan beserta Masyarakatnya, agar jangan melakukan kegiatan Karhutla di kawasan Desa setempat dikarenakan sekarang perubahan cuaca sudah memasuki musim panas (Kemarau) sangat berbahaya bila melakukan kegiatan pembakaran lahan atau hutan.


Hal ini disampaikanya saat menghadiri kegiatan titik nol pembangunan Gedung Aset yang dilakukan oleh Pemerintah (Pemdes) Desa Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan, yang juga dihadiri langsung oleh Camat Lahat Selatan Isna Abidarda BA. Bertempat di Kantor Desa Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan. Selasa (13/06).


Pada Kesempatan itu, Babinsa Koramil 405-12/Lahat Kodim 0405/Lahat Sertu Nasir, yang ditugaskan di Desa Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan memberikan himbauan kepada Pemdes Desa Talang Sawah dan masyarakat tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan.


"Ia juga menuturkan akan terus melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mensosialisasikan Karhutla di Desa Talang Sawah Kecamatan Lahat Selatan sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman.


Masih katanya dengan adanya sosialisasi ini diharapkan warga setempat tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan atau hutan Pemdes Desa Talang Sawah agar cepat dilakukan pencegahan, agar tidak terjadinya kebakaran yang menyebar luas nantinya.


"Bahkan kami akan terus memberikan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan," tegasnya.

 

Sementara Camat Lahat Selatan Kabupaten Lahat Isna Abidarda BA, mengatakan selaku Pemerintah Kecamatan Lahat Selatan bersama mitra kerja Babinsa Desa Talang Sawah Koramil 405-12/Lahat Kodim 0405/Lahat, dikesempatan menghimbau tentang bahaya melakukan perbuatan pembakaran hutan atau lahan, apalagi sekarang sudah memasuki musim panas (Kemarau) sangat berbahaya apabila dilakukan.


"Sekali lagi kami selaku Pemerintah Kecamatan Lahat Selatan menegaskan kepada masyarakat Desa Talang Sawah agar berhati- hati bila menggunakan api untuk melakukan kegiatan sehari- hari, apalagi warga setempat pekerjaan banyak bertani dan berkebun gunakanlah api seperuhnya saja," himbauanya. (Ganda)