Tiga Jamaah Haji Asal Lampung Tengah Meninggal Dunia di Tanah Suci



Lampung Tengah - Innalilahi wainnailaihi rojiun, kabar duka datang dari Jemaah Haji asal Kabupaten Lampung Tengah, yang meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi.

Dari keterangan, Ketua Kloter JKG 22 jamaah haji Kabupaten Lampung Tengah, H.Muslim Umar, SE. M.M kepada awak media ini melalui pesan WhatsApp, Minggu (2/7/2023) menyebut bahwa, total jemaah haji asal Kab.Lamteng yang meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji di tanah suci berjumlah 3 orang.

"Sartinah Pawirosentono dari Kloter JKG-12, dari Kec.Kalirejo, Abdul Royid Lubis (56) dari Kloter JKG-22, rombongan 6 regu 22, berasal dari Kamp.Adijaya, Kec.Terbanggi Besar, meminggal di RS AS King Abdullah Mecidal City, Pukul 06.00 waktu setempat, dengan riwayat penyakit Jantung," ujar Muslim Umar.

Kemudian lanjutnya, jemaah haji atas nama Witono Iro Dikromo dari Kloter JKG 22, yang beralamat Dusun IV RT.03 RW.01, Kamp.Srikencono, Kec.Bumi Nabung, dari rombongan 2 Regu 5. Dimana jemaah meninggal pada Kamis, 29 Juni 2023 Pukul 06.30 Waktu Arab Saudi.

"Almarhum berusia 86 tahun, meninggal di RS AS Makkah Medical Centre setelah mengalami cedera pelvis dan anemia berat," ungkapnya.

Selain itu menurut Muslim Umar bahwa, Witono diketahui sebelumnya terjatuh di kamar mandi hotel Mirage Salam Madinah. Lalu beliau kembali terjatuh di kamar mandi setelah tiba di Makkah. Kondisi beliau memburuk dan dirujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Makkah.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan rontgen, diketahui bahwa beliau mengalami patah tulang pantat dan memerlukan operasi. Jemaah kemudian dirujuk ke RS AS King Abdul Aziz. Namun, sebelum operasi dapat dilakukan, kondisi jemaah melemah dan memerlukan transfusi darah. 

"Kami menerima kabar duka pada hari kedua di Mina, yang mengabarkan bahwa Witono Iro Dikromo telah meninggal, dan telah dimakamkam di Pemakaman Shoraya," pungkasnya.

Adapun nama jemaah haji asal Kab.Lamteng, yang meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji untuk sementara ini ada 3 orang.

1. Sartinah Pawirosentono dari Kloter JKG- 12, asal Kec.Kalirejo, Lamteng.

2. Abdul Royid Lubis dari Kloter JKG-22, asal Kamp.Adijaya, Kec.Terbanggi Besar, Lamteng.

3. Witono Iro Dikromo dari kloter JKG-22, asal Kamp.Srikencono, Kec.Bumi Nabung, Lamteng. ( Edy)