Dalam Mendukung Aksi “World Clean Up Day” Pemkab Pesbar Mengajak Masyarakat Untuk Peduli Kebersihan Lingkungan


Pesisir Barat-Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan), Suryadi, S.IP., M.M. menginformasikan bahwa, Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) bersama instansi vertikal, rumah sakit, puskesmas, sekolah, kecamatan, dan pekon menggelar bersih-bersih sampah dalam rangka mendukung aksi bersih nasional "World Clean Up Day Tahun 2023", Jumat (15/9/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Husni Aripin, S.IP., mengatakan bahwa kegiatan tersebut dihelat dalam rangka mendukung aksi bersih nasional "World Clean Up Day" Tahun 2023, yang bertujuan untuk melakukan cleanup bersama untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah sampah. 

"Aksi ini juga sebagai salah satu wujud nyata Pemkab Pesibar dalam menyemarakkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah," ujar Husni.

Karenanya, pihaknya mengimbau agar masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungannya dengan membudayakan untuk memilah sampah sesuai jenisnya. "Sehingga dapat membantu untuk mengurangi jumlah timbunan sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS)," jelasnya.

Terlebih, Pesibar yang merupakan sebuah kabupaten yang menjadikan sektor pariwisata pantai sebagai produk unggulannya, saat ini selalu dikunjungi ribuan wisatawan mancanegara yang datang dari berbagai negara. 

"Artinya kebersihan lingkungan sekitar kita, tempat-tempat yang menjadi tujuan wisata menjadi tanggungjawab bersama," pungkasnya. (*)