Polres Pesisir Barat Gelar Sosialisasi Penanggulangan Dampak Kekeringan dan Kemarau

 


Pesisir Barat--- Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra S.I.K, M.H., memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi penanggulangan dan dampak kekeringan dan kemarau di ruang vicon Polres Pesisir Barat jalan kuala Stabas lingkungan pasar Mulya kelurahan pasar Krui kecamatan pesisir tengah, pada hari Kamis tanggal 21/09/2023, pukul 09.00 wib.

Dalam sosialisasi tersebut turut hadir Kabag Sdm, Kasat Binmas, Bhabinkamtibmas Jajaran dan Pokdarkamtibmas Pesisir Barat.

AKBP Alsyahendra menyampaikan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini menghimbau Pokdar Kamtibmas lebih selektif memilih anggota perekrutannya dikarenakan anggota harus bisa menjaga, memelihara keamanan dan memantu situasi Kamtibmas di wilayah masing-masing.

"Pokdarkamtibmas juga adalah perpanjangan tangan Polres Pesisir Barat untuk antisipasi konflik di masyarakat, kenakalan remaja dll, lalu bisa bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas menyelesaikan masalah. Dalam sambutannya tersebut juga Kapolres Pesisir Barat memberikan arahan dalam penanganan kekeringan dan mencegah kebakaran mengajak kerjasama serta meluangkan waktu untuk memberikan pengertian dalam kebakaran hutan dan lahan" Tutupnya. 

Dalam sambutan tersebut Kasat Binmas Polres Pesisir Barat memberikan sambutan penutup menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi bencana kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang salah satunya dipengaruhi Fenomena El Nino.

Mengajak untuk tidak membakar sampah sembarang dikarenakan dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan. Pokdarkamtibmas juga bisa menghimbau keluarga, saudara dan tetangga untuk tidak melakukan pembakaran di lahan-lahan yang mengalami kekeringan dan kemarau disebabkan kurangnya air bersih. Sehingga perlu adanya tindakan pencegahan agar tidak berdampak pada perekonomian di Masyarakat Pesisir Barat termasuk sektor pariwisata.

Dalam Bulan Oktober sudah mulai terjadinya musim penghujan agar Pokdarkamtibmas harus selalu berperan aktif bersama Bhabin memberikan himbauan dari sekarang, lalu mengajak warga membersihkan selokan di sekitar lingkungan tempat tinggal untuk mencegah terjadinya luapan air yang dapat mendatangkan penyakit, tutup Kasat Binmas.( * )