Pekon Lintik Membuka Rumah Desa Sehat



Pesisir Barat --Pemkab pesibar menanggapi serius masalah stunting yang ada di seluruh pekon daerah masing masing khusus nya di Pekon Lintik Kecamatan Krui Selatan. (31/11/2023)

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan tubuh pendek. Penderita stunting umumnya rentan terhadap penyakit, memiliki tingkat kecerdasan di bawah normal serta produktivitas rendah. Tingginya prevalensi stunting dalam jangka panjang akan berdampak pada kerugian ekonomi bagi Indonesia.


Stunting dapat dicegah, antara lain melalui pemenuhan kebutuhan gizi bagi ibu hamil, pemberian ASI eksklusif selama enam bulan kemudian dilanjutkan dengan MPASI. Orang tua juga diharapkan membawa balitanya secara rutin ke Posyandu, memenuhi kebutuhan air bersih, meningkatkan fasilitas sanitasi, serta menjaga kebersihan lingkungan.


Rumah desa sehat yang di buka peratin lintik azwar yang selenggarakan dibalai pekon lintik, sosialisasi stunting ini dihadiri perangkat pekon, kelompok ibu PKK, kelompok guru paud, dan masyarakat pekon.


Peratin Azwar mengatakan stunting harus kita tuntaskan karna bisa merugikan negara ini serta menghambat generasi generasi masa depan dan membuat pertumbuhan anak menjadi lambat karna kekurangan gizi.


Oleh karna itu kami membuka program rumah desa sehat untuk warga yang anaknya mengalami keluhan stunting yang ada di pekon ini, semoga dengan adanya rumah desa sehat ini bisa membantu mengurangi masalah stunting yang ada di seluruh pekon yang ada di pesibar. katanya ( JM )